Lantik 62 Pejabat Fungsional, Ini Pesan Rektor UNM Husain Syam

Jumat, 05 Februari 2021 | 15:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Rektor Universitas Negeri (UNM), Husain Syam  melantik sejumlah Pejabat Fungsional dalam lingkup UNM. Pelantikan berlangsung di Ruang Teater Menara Pinisi, Kamis (04/02/2021).

Protokol kesehatan (Prokes) tetap diterapkan selama kegiatan berlangsung. Mulai memakai masker, jaga jarak atau sosial distancing, dan meniadakan proses jabat tangan.

pt-vale-indonesia

Sebanyak 62 pejabat fungsional dilantik. Dalam acara ini selain melakukan pelantikan, dilakukan juga serah terima jabatan (Sertijab) dan pengambilan sumpah jabatan kepada pejabat baru UNM.

Dalam sambutannya, Husain mengungkapkan, pelantikan ini merupakan sesuai dengan arahan dan aturan baru pemerintah pusat. Mestinya dilaksanakan pada Desember 2020 namun pandemi Covid-19 membuat UNM harus lockdown. Sehingga, pelantikan baru dilaksanakan bulan ini.

Menurut Husain, aturan baru yang meniadakan jabatan Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian. Kemudian beralih ke jabatan fungsional merupakan kebijakan yang memberi ruang kepada para ASN untuk lebih mengedepankan profesionalisme.

“Saya sepakat dengan pola pemerintah seperti ini, ini akan lebih memberikan penyandaran bagi kita, Hari ini kita tanggalkan jabatan Kabag dan Kasubag, kita jalankan jabatan fungsional kita. Kita dituntut untuk keahlian kita,” ungkapnya.

Ia berpesan agar dalam mengembang jabatan ini dengan baik. Pejabat harus mampu mengubah pola pikir, memahami posisi dan mengedepankan profesionalisme. 

Dengan itu, mereka mampu melihat situasi perkembangan zaman. Dan melakukan inovasi pada tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Hal yang pertama kita lakukan ialah kita ubah mindset kita, cermati baik2 apa tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita, karena ditangan kita lembaga ini bisa maju,” tambahnya.

Dari 62 yang dilantik, 5 menempati jabatan menjabat sebagai Sekretaris Jurusan, Ketua Prodi Pendidikan Metematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Prodi Matematika, Kepala Laboratorium. Selebihnya, Ahli Muda 46 dan Ahli Madya 11.(*)


BACA JUGA