FOTO: Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani/Ist
#

Besok! Bupati Indah di Baris Pertama Pelantikan Serentak Kepala Daerah

Kamis, 25 Februari 2021 | 10:24 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan secara resmi merilis jadwal pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Desember 2020 lalu. Jika tak ada aral yanng melintang, pelantikan digelar pada Kamis, 26 Februari 2021.

Saat ini Pemerintah Provinsi sebagai pelaksana pelantikan juga telah menggelar rapat persiapan pelantikan di Ruang Rapat Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kantor Gubernur Sulawesi Selatan. Seluruh perwakilan pemerintah yang telah menggelar Pilkada pada Dresember 2020 lalu dilibatkan dalam kegiatan itu.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu Utara, Akram Risa yang turut hadir pada pertemuan itu saat dikonfirmasi mengatakan, pelantikan akan diikuti 11 pasangan Kepala Daerah.

Para Kepala Daerah Kabupaten dan Kota ini akan dilantik oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur, tepat pada pukul 08.00 wita.

“Agenda pelantikan sudah final, yaitu 26 Februari, dan pelantikan ini dilakukan terbatas. Yang hadir hanya pasangan kepala derah beserta istri. Itu saja,” jelasnya.

Meski begitu, Pemprov Sulsel tetap menyediakan saluran live streaming di media sosial dan kanal youtube bagi masyarakat yang ingin menonton pelantikan tersebut.

“Pelantikan tetap bisa dinikmati melalui live streaming yang link-nya akan dibagi sebelum acara pelantikan berlangsung. Jadi, bagi masyarakat yang ingin melihat, tidak usah khawatir, tetap bisa dilihat. Lagian, masyarakat di daerah bisa mengikuti pelantikan ini secara virtual. Kalau kita di Luwu Utara, bisa mengikutinya di Aula La Galigo Kantor Bupati, tapi harus dengan protokol kesehatan yang ketat,” ungkap Akram.

Dikonfirmasi lebih jauh, Akram menyampaikan bahwa posisi para kepala daerah saat pelantikan juga diungkap dalam rapat tersebut. Posisi paling depan adalah kepala daerah yang telah menjabat dua periode, salah satunya adalah Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

“Posisi berdiri Bupati Luwu Utara ada di barisan pertama bersama para Kepala Daerah yang terpilih kedua kalinya. Jadi, Wali Kota Makassar dulu, baru kemudian Bupati Luwu Utara, menyusul Kepala Daerah lainnya,” ucap dia.

Pola barisan tersebut ada empat saf dengan cara selang seling, yaitu barisan pertama enam kepala daerah, barisan kedua lima kepala daerah, barisan ketiga enam kepala daerah, selanjutnya barisan keempat lima kepala daerah. Rencananya, Kamis 25 Februari 2021 akan dilakukan geladi resik di Baruga Karaeng Pattingalloang.

“Setelah pelantikan nantinya, akan disusul kemudian pelantikan Ketua TP-PKK kabupaten dan kota,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada kepala daerah terpilih yang akan dilantik yaitu Ramdhan Pomanto-Fatmawaty kepala daerah terpilih Kota Makassar , Indah Putri Indriani-Suaib Mansur kepala daerah terpilih Luwu Utara, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni kepala daerah terpilih Kabupaten Gowa, Suardi Saleh-Aska Mappe kepala daerah terpilih Kabupaten Barru.

Selanjutnya Muchtar Ali-Edy Manaf kepala daerah terpilih Kabupaten Bulukumba, Basli Ali-Saiful Arif kepala daerah terpilih Kabupaten Selayar), Yusran Lalogau-Syahban Sammana kepala daerah terpilih Kabupaten Pangkep, Budiman Kepala Daerah terpilih Luwu Timur, Andi Chaidir Syam-Suhartina kepala daerah terpilih Kabupaten Maros, Kaswadi Razak-Luthfi Halide kepala daerah terpilih Kabupaten Soppeng dan Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg kepala daerah terpilih Tana Toraja.


BACA JUGA