Ombudsman Kota Makassar (Foto: facebook)

Banyak Aduan, Ombudsman Makassar Soroti Pelayanan Publik di Tiga SKPD

Jumat, 05 Maret 2021 | 00:18 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ombudsman Kota Makassar menerima banyak aduan dari masyarakat terkait pelayanan publik. Total ada 97 laporan yang masuk sepanjang tahun 2020.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Ombudsman Makassar, Andi Ihwan Patiroy. Masyarakat yang mengadu mempersoalkan pelayanan publik di Pemerintah Kota (Pemkot).

Ihwan kemudian menyoroti tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkot. Ketiganya mendapat aduan dari masyakarat.

Ialah Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Sosial (Dinsos), dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar. Tiga SKPD ini sering diadukan karena pelayanannya yang kurang memuaskan.

“Terbanyak itu Disdik terkait penerimaan peserta didik baru. Dinas Sosial terkait bansos Covid-19. Dukcapil, KTP yang berlarut-larut, termasuk sempat sistem offline kemarin,” ungkap Ihwan, Kamis (04/03/2021).

Terkait aduan ini, Ihwan mengaku telah menyampaikan ke Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Semuanya dirangkum dalam laporan aduan tahun 2021 yang sudah diserahkan ke Danny.

“Yang kamu kami laporkan ini kinerja tahun 2020,” singkat Ihwan.

Untuk tahun 2021, pihaknya bakal mengambil sikap lebih tegas. Ombudsman akan secara langsung lebih massif turun tangan untuk menyelesaikan persoalan yang selama ini menjadi keluhan masyarakat.

“Kami akan berkunjung untuk membantu memperbaiki sistem di situ. Memberikan usulan bagaimana perbaikan sistem yg ada di organisasi itu,” jelasnya.

Sementara itu, Danny Pomanto meminta Ombudsman untuk menegakkan aturan yang ada. Ia berharap tugas pengawasan selalu dijalankan agar masyarakat dapat pelayanan yang baik dari Pemkot. 

“Saya harap ombudsman bisa membangun sinergi dengan baik, tegakkan aturan dan menjadi pengawas yang memiliki integritas yang mumpuni,” jelasnya.

Diketahui, ada 22 SKPD terlapor. Diantaranya, Dinsos dengan 12 laporan, Disdukcapil 3 Laporan, Dinkes 1 Laporan, DPM-PTSP 1 Laporan, Dinas PKM 1 Laporan, dan Dinas Pertanahan 1 Laporan. 

Sementara, untuk OPD badan terdapat 1 Laporan untuk BKPSDMD, Kesbangpol 1 laporan. Untuk Kecamatan, Tallo, Panakukkang dan Tamalanrea. Sementara di kelurahan ada Kelurahan katimbang, Tanjung Merdeka dan Banta-bantaeng.(*)


BACA JUGA