FOTO: Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto/Senin, 22 Maret 2021/Agung Eka/GOSULSEL.COM

Danny Pomanto Ungkap Ada Kepala SKPD Kuasai 10 Kendaraan Dinas

Selasa, 23 Maret 2021 | 23:09 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dibuat heran. Ia menyebut jika ada Kepala Dinas lingkup Pemkot Makassar yang menguasai 10 kendaraan dinas (Randis).

“Dia kalah-kalah Wali Kota dan Sekda,” kata Danny Pomanto, Selasa (23/03/2021).

Olehnya, Danny mengaku bakal membuat pemerintahan yang transparan, termasuk soal aset kendaraan. Ia menyebut menguasai banyak kendaraan dalam pemerintahan sudah terlalu kuno.

“Terlalu kuno itu kalau masih ada pejabat yang berusaha menguasai lebih dari 10 mobil,” sambung Danny.

Sebagai pemimpin tertinggi, bahkan dirinya sama sekali tidak menguasai satu kendaraan dinas pun. Sedangkan pejabatnya semena-mena dengan menguasai banyak randis.

“Saya sebagai Wali Kota saja tidak ada satupun mobil yang saya kuasai bahkan mobil yang menjadi hakku itu diambil kembali, bayangkan itu,” tuturnya.

Sebab itu juga, Danny mengatakan akan menertibkan seluruh kendaraan dinas di Kota Makassar. Hal itu harus sesuai regulasi dan ketentuan yang berlaku.

Danny mengatakan saat ini masih banyak kendaraan dinas yang belum dikembalikan, mulai dari pejabat atau pegawai PNS yang dalam masa jabatan non-aktif, atau pensiun. Selain itu dari mantan pejabat. 

Sebelumnya, tercatat masih ada 338 kendaraan dinas Pemkot Makassar yang masih dikuasai pihak ketiga. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daeeah (BPKAD), Rachmat Azis.

“Hari ini kita melakukan penertiban kembali, karena masih ada beberapa kendaraan kita yang di luar dari tugas fungsinya, artinya dikuasai pihak lain,” ungkapnya.

Di sisi lain, Rachmat mengatakan berdasarkan catatan dari pihaknya, saat ini ada 301 unit kendaraan dinas khusus roda 4 dari Pemkot Makassar yang akan diperiksa. Sementara secara keseluruhan, kata dia, kendaraan dinas Pemkot sekitar 6 ribu dari seluruh SKPD.(*)


BACA JUGA