Ilustrasi pasien virus Corona. (Foto: Reuters)

Jumlah Pasien Covid-19 di Sebagian RS Makassar Berkurang 90 Persen

Senin, 19 April 2021 | 23:02 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pasien rawat inap di sebagian Rumah Sakit (RS) Covid-19 di Makassar berkurang sekitar 90 persen. Data menunjukkan pada akhir Maret 2021. 

Direktur Umum RS Labuang Baji, Abdul Haris Nawawi mengatakan sebelumnya pasien Covid-19 rata-rata 150-160 per hari. Saat ini, sudah tersisa 6 pasien per hari.

Ia mengamati saat ini pasien yang terpapar Covid-19 rata-rata Orang Tanpa Gejala (OTG). Hal itu berbeda dengan sebelumnya, rata-rata pasien memiliki gejala.

Seiring penurunan kasus Covid-19, Jumlah kematian akibat Covid-19 pun berkurang. Bila sebelumnya pasien Covid-19 yang meninggal rata-rata 2 per hari.

“Saat ini per Minggu hanya satu yang meninggal, itu pun kalau ada,” ungka Haris.

Haris menilai ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan kasus Covid-19. Salah satunya melalui vaksinasi.

“Meski belum ada penelitian ya, tapi vaksinasi saya kira punya peranan penting. Selain itu masyarakat sudah memahami prokes yang benar,” sambungnya.

Sementara, RS Daya telah menangani pasien Covid-19 sebanyak 505 sejak awal pandemi pada Maret 2021. “Sekarang tinggal satu orang yang kita rawat,” kata Humas RS Daya, Wisnu Maulana.

Total pasien yang pernah dirawat inap di RS Daya sebanyak 266. Sebanyak 240 berhasil pulih dan sembuh. Sementara yang meninggal karena terpapar sebanyak 26 orang.

“Usia 40-60 orang yang meninggal dengan penyakit komplikasi,” katanya.

Sementara jumlah pasien PDP yang sempat dirawat berjumlah 234, dan yang meninggal sebanyak 27 orang. Sisanya mereka sudah sembuh.

“Mereka meninggal karena komplikasi, setelah diperiksa swab hasilnya negatif,” sambungnya.

Di sisi lain, penurunan kasus Covid-19 di Makassar mesti terus diwaspadai. Hal itu belajar dari pengalaman sejumlah daerah dan negara.

Masyarakat tidak boleh lengah. Begitu pun dengan upaya pemerintah mesti terus dimaksimalkan.(*)


BACA JUGA