PT Pelindo) IV (Persero) melalui memberikan bantuan sebanyak 4 unit kendaraan berupa motor sampah untuk Kelurahan Kaluku Bodoa, Buloa dan Tallo di Kecamatan Tallo, serta Kelurahan Cambayya Kecamatan Ujung Tanah/Ist

Pelindo IV Beri Bantuan Kendaraan Sampah dan Iuran BPJS untuk Nelayan Sekitar MNP

Minggu, 02 Mei 2021 | 21:27 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) memberikan bantuan sebanyak 4 unit kendaraan berupa motor sampah. Masing-masing untuk Kelurahan Kaluku Bodoa, Buloa dan Tallo di Kecamatan Tallo, serta Kelurahan Cambayya Kecamatan Ujung Tanah.

Corporate Secretary PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto mengatakan bahwa 4 unit motor sampah tersebut masuk dalam pilar pembangunan sosial dan pembangunan lingkungan. Ia berharap bantuan tersebut dimanfaatkan dengan baik.

“Semoga bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk penanggulangan sampah di masing-masing kelurahan yang mendapatkan bantuan,” kata Toto, Sabtu (01/05/2021).

Tak hanya memberikan bantuan berupa motor sampah. Pelindo IV juga bekerja sama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar juga akan memberikan pelatihan kepada nelayan yang ada di empat kelurahan di sekitar Makassar New Port (MNP).

“Yakni Kelurahan Buloa, Cambayya, Tallo dan Kelurahan Kaluku Bodoa, Kota Makassar. Tentunya bekerja sama juga dengan pemerintah daerah di wilayah masing-masing,” sebut Toto.

Selain itu, nelayan di empat kelurahan itu juga akan diberikan bantuan berupa peralatan kerja. Misalnya, mesin diesel dan jaring untuk menangkap ikan.

“Kami juga memberikan bantuan berupa pendampingan ekonomi masyarakat nelayan, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, menurut Toto, Perseroan juga memberikan bantuan berupa iuran BPJS Ketenagakerjaan selama 1 tahun. Ditujukan kepada kurang lebih 560 nelayan di empat kelurahan yang ada di sekitar MNP tersebut.

Dia mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perseroan. Lalu diberikan nelayan di sekitar MNP.

“Kami sudah melakukan sosialisasi bantuan tersebut kepada para nelayan. Jadi selama satu tahun, Pelindo IV akan membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi kurang lebih 560 nelayan yang ada di 4 kelurahan di sekitar MNP,” kata dia.

Toto menyebutkan, total ada 38 kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan program TJSL Perseroan. “Dalam satu kelompok itu ada yang 8 orang, 10 orang dan 15 orang. Totalnya kurang lebih 560 nelayan yang mendapatkan bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan selama 1 tahun,” terangnya.

Ia berharap, bantuan melalui program TJSL yang diberikan Pelindo IV akan meringankan beban masyarakat nelayan yang ada di sekitar Makassar New Port.

Seperti diketahui, tak hanya fokus pada bisnis, namun PT Pelindo IV juga selalu memerhatikan masyarakat dan lingkungan sekitar. Ini melalui Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR), di mana program TJSL Perseroan tahun ini dikelompokkan dalam 4 pilar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

“Yakni pilar pembangunan ekonomi, pilar pembangunan sosial, pilar pembangunan lingkungan dan pilar pembangunan hukum dan tata kelola,” sebut Toto.

Adapun bantuan kepada para nelayan, menurutnya, masuk dalam pilar pembangunan sosial sektor pengentasan kemiskinan. Dan harus diprioritaskan. (*)

Tags:

BACA JUGA