Ketua Pansel Job Fit Pejabat Eselon II, Yusran Jusuf

Sempat Ditunda, Job Fit Pemkot Makassar Dimulai Sabtu Ini

Jumat, 21 Mei 2021 | 00:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Job Fit atau uji kompetensi jabatan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sudah punya jadwal pasti. Pelaksanaannya akan digelar Sabtu (22/05/2021).

Demikian disampaikan Ketua Pansel Job Fit, Yusran Jusuf. Pihaknya pun telah mengantongi rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). 

Rekomendasi KASN mengizinkan Job Fit dilakukan tanpa dua pejabat yang terkendala nomenklatur. Ialah Kepala DPM-PTSP Makassar, Andi Bukti Djufrie dan Plt Asisten II Pemkot Makassar, Sittiara Kinnang.

“Rekomendasi KASN sudah keluar tanggal 19 Mei 2021, yang intinya mengizinkan Pansel melaksanakan Job Fit tanpa mengikutkan 2 Plt,” kata Yusran, Kamis (20/05/2021).

Mantan Pj Wali Kota Makassar itu menyebut, Andi Bukti Djufrie dan Sittiara Kinnang akan mengikuti Job Fit usai dikukuhkan sebagai pejabat defenitif. Sebab keduanya saat ini berstatus Pelaksana tugas (Plt).

“khusus pejabat yang berstatus Plt yaitu Asisten II & Kadis PTSP agar diproses lebih dulu pengukuhannya sebagai pejabat defenitif, baru bisa mengikuti Job Fit berikutnya,” ucap Guru Besar Fakultas Kehutanan Unhas ini.

Lebih lanjut, Mantan Kepala Bappelitbangda Sulsel ini mengatakan, Job Fit akan digelar sehari saja. “Ya, job fit, Sabtu lusa, sehari saja cukup,” pungkasnya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan usai job fit, langsung digelar lelang jabatan. Ia mengungkapkan, pihaknya bisa saja langsung menggelar lelang. Akan tetapi, karena ingin fair dan menilai kemampuan ASN, maka job fit dilakukan.

“Kita ingin fair. Kita ingin beri kesempatan ASN yang memiliki potensi dan kemampuan ikut job fit. Setelah itu kita buka lelang jabatan. Seperti yang saya bilang, kita mau menjaring orang terbaik yang akan mengisi jabatan strategis di dinas kita,” katanya.

Danny menerangkan pentingnya job fit dilakukan agar terjadi peremajaan atau peningkatan kualifikasi ASN. “Termasuk eselon III bisa bersaing dengan eselon II untuk ikut lelang,” tandasnya.

Sementara diketahui, ada 17 pejabat eselon II yang akan mengikuti job fit. Diantaranya, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Irwan Adnan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Makassar, Nielma Palamba.

Selanjutnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Andi Hadijah Iriani, dan Kepala Disdukcapil, Aryati Puspasari Abady. Lalu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Sri Susilawati, Kepala Disnaker, Andi Irwan Bangsawan, Kepala Diskominfo, Ismail Hajiali.

Kepala Dinas Koperasi, Evi Aprialti, Kepala Dinas Pariwisata, Rusmayani Madjid, Kepala DPPPA, Tenri A Palallo, dan Kepala Dispora, Hendra Hakamuddin. Kepala Dinas Perdagangan, Andi Muh Yasir, Kepala Dishub, Mario Said, Kepala Dinas Perpustakaan, Andi Siswanta Attas. Terakhir, Kepala Dinas Perumahan, Fathur Rahim, Inspektorat, Zainal Ibrahim, dan Kepala Satpol PP, Iman Hud.(*)


BACA JUGA