Badan Jalan Ahmad Yani terpantau menjadi lahan parkir, Senin (02/06/2021)/Ist

Abaikan Larangan, Badan Jalan Ahmad Yani Jadi Lahan Parkir Liar

Rabu, 02 Juni 2021 | 15:32 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Jalan Ahmad Yani terpantau telah menjadi lahan parkir bagi sejumlah kendaraan roda dua. Kondisi ini berlangsung pada Rabu (02/06/2021).

Dari pantauan, tepatnya di depan Kimia Farma Ahmad Yani, terlihat beberapa motor yang terparkir. Padahal, badan jalan tersebut terpampang papan bicara mengenai larangan parkir.

Menanggapi kondisi tersebut, Pengamat Transportasi, Lambang Basri Said menyayangkan adanya parkir liar di lokasi tersebut. Pasalnya, banyak pihak yang dirugikan termasuk pengendara.

“Itu banyak kerugian, kan itu mengurangi kapasitas jalan dan terjadi perlambatan aktivitas tranportasi. Kalau melambat, maka akan terjadi polusi udara,” jelasnya.

Dosen Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini meminta pemerintah memberi perhatian khusus terhadap fenomena ini. Sebab, bukan hanya terjadi di Jalan Ahmad Yani, melainkan juga terjadi di lokasi lain.

“Jangan biarkan ada parkir sembarangan. Harusnya ada regulasi khusus yang mengatur,” sambung Basri.

“Tidak semua jalan harus dijadikan tempat parkir. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, salah satunya kemampuan kapasitasnya. Jangan sampai membuat kemacetan,” tutup Basri. (*)


BACA JUGA