#

3 Dosen UMMA Latih Guru MGMP IPA Pangkep Gunakan Youtube Dalam PBM

Jumat, 04 Juni 2021 | 12:25 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Peran pendidik sangat penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami, terlebih dalam hal penggunaan teknologi. Dimana saat ini, teknologi menjadi salah satu sarana penting proses belajar mengajar (PBM) ditengah pandemi corona virus disease (covid) 19.

Pada mata pelajaran IPA misalnya, memerlukan pengamatan dan pengukuran melalui eksperimen-eksperimen sehingga membutuhkan trik dalam mengajar terkait media pembelajaran yang digunakan agar praktikum tetap berjalan meskipun secara virtual. Dibutuhkan teknologi disitu.

pt-vale-indonesia

Untuk memanfaatkan teknologi dalam PBM, dosen Universitas Muslim Maros (UMMA) Syamsuriana Basri bersama dua rekannya Sri Maya dan Irsan serta tiga mahasiswa pendidikan Fisika UMMA melaksanakan program kemitraan masyarakat stimulus (PKMS) di aula SMP 1 Bungoro, jalan poros Tonasa 2, Sapanang, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, dengan melibatkan guru-guru IPA SMP yang tergabung dalam MGMP IPA Pangkep.

Syamsuriana Basri mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk implementasi salah satu poin Tridharma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat.

“saya berharap dengan adanya pelatihan ini pembelajaran praktikum semasa pembelajaran daring dapat tetap terlaksana secara efektif, dan juga materi yang diberikan dalam pelatihan dapat diterapkan sebagai inovasi dalam membuat media pembelajaran khususnya praktikum secara virtual,” ujar ketua tim pelaksana PKMS itu.

Syamsuriana bilang, pelatihan yang dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) ini difokuskan pada pemberian materi terkait pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran praktikum.

“Pelatihan pembelajaran praktikum berbasis simulasi, pembelajaran praktikum berbasis animasi, serta pelatihan mengupload media pembelajaran pada chanel youtube,” urai Syamsuriana yang juga merupakan dosen pendidikan Fisika UMMA.

Pelatihan inipun mendapatkan apresiasi dari Ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Pangkep Roskiman. Ia mengatakan selama pandemi covid 19 program ini sangat dibutuhkan terlebih dalam pemberian praktik pada peserta didik lewat media virtual.

“Saya berterimakasih kepada Tim dosen UMMA yang telah melaksanakan pengabdian masyarakat kepada guru-guru IPA di Pangkep. Sebab, kami memang membutuhkan materi ini utamanya dalam pemberian praktikum kepada peserta didik secara virtual selama pandemi covid-19,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan pengawas SMP Pangkep, Ardiana. Ia berharap dosen-dosen UMMA kembali melakukan kegiatan serupa untuk berbagi ilmu dengan guru-guru yang ada di Pangkep. “saya berharap, dosen UMMA dapat berbagi ilmunya lagi kedepannya, sebab saya lihat guru-guru semangat dan senang mendapatkan ilmu seperti ini, apalagi pertemuan MGMP IPA di Pangkep rutin dilaksanakan,” tandasnya. (*)

Tags:

BACA JUGA