Tatap Pilgub Sulsel 2024, NasDem dan Gerindra Siapkan Kader

Rabu, 23 Juni 2021 | 22:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kurang lebih tiga tahun jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel, sejumlah partai politik mempersiapkan kader untuk bertarung. Khususnya bagi mereka yang memiliki jumlah kursi signifikan di DPRD.

Khususnya Partai NasDem yang mengontrol 12 kursi dan Gerindra yang mengontrol 11 kursi. Apalagi, masing-masing pimpinan partai tingkat 1 memiliki potensi yang baik.

Di mana keduanya telah teruji duduk di DPR RI pada Pileg 2019 lalu. Ialah Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse (RMS) dan Ketua DPD Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA).

Sikap dua partai ini bukan tanpa alasan, sebab baik Gerindra maupun NasDem telah menguji kekuatan elektoral melalui pertarungan sela. Pada Pileg 2019 lalu, NasDem dan Gerindra mampu mempertahankan eksistensi bahkan meningkatkam perolehan kursi. 

Begitupun pada hasil Pilkada serentak 2020. Gerindra tercatat sebagai jawara dengan memenangkan lima usungannya.

Sekretaris NasDem, Syaharuddin Alrief memastikan telah menyiapkan kader untuk maju dalam Pilgub Sulsel nanti. Perihal nama yang diusung kini masih dalam pembahasan.

“Pasti mi,” singkat Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.

Terpisah, Sekretaris Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin mengungkap bahwa sebagai partai politik yang mampu menjaga eksistensi, Gerindra akan selalu mempersiapkan kader pada setiap momentum politik. 

Ia menilai AIA sebagai sosok yang sudah tepat untuk maju di Pilgub Sulsel nanti. Kendati demikian, belum ada keputusan sampai saat ini.

“Untuk usungan Gerindra khusus Pilgub adalah 100% kewenangan dan keputusan ketua dewan pembina dan Ketua Umum,” jelasnya. 

“Sehingga kami di DPD tdk berani berandai andai akan mengusung kader atau tidak walaupun di Gerindra  sulsel kami  punya  ketua DPD yg sdh sangat  pantas untuk maju dalam perhelatan Pilgub,” tukas Darmawangsyah.(*)


BACA JUGA