PT Pelindo IV (Persero) menyediakan layanan di Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS)/Ist

Demi Keselamatan dan Kelancaran Pelayaran, Pelindo IV Kini Perluas Layanan Terminal Khusus

Minggu, 04 Juli 2021 | 16:48 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) menyediakan layanan di Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS). Dihadirkan selain di lokasi umum yang selama ini masuk di wilayah kerja Perseroan.

Senior Vice President (SVP) of Vessel Service PT Pelindo IV, Syamsul Maarif mengatakan bahwa saat ini Perseroan menjalin kerjasama dengan Tersus dan TUKS yang operasionalnya dikerjasamakan dengan perusahaan. “Beberapa terminal yang dikategorikan khusus maupun untuk kepentingan sendiri mempercayakana Pelindo IV untuk melayani kebutuhan mereka. Lokasinya ada yang berada di Sulawesi Selatan, Kalimantan, Maluku hingga di Papua Barat,” sebutnya.

Ia menuturkan, untuk di Sulawesi Selatan lokasinya berada di Malili dan Garongkong, yaitu kerja sama TUKS/Tersus dengan PT Vale Indonesia dan PT Bosowa Bandar Indonesia. Di Sulawesi Tengah yang berlokasi di Pasangkayu, kerja sama operasional yang dilakukan adalah dengan PT Letawa Astra Argo Lestari. Serta terminal khusus lainnya yang berada di lokasi yang dikerjasamakan dengan Pelindo IV yang mengangkut berbagai komoditas.

Di Sulawesi Utara misalnya, Tersus yang dilayani berada di Luwuk, Amurang dan Labuan Uki, yang mengangkut komoditas gas alam, minyak bumi dan semen dengan kapal milik perusahaan. Diantaranya PT Donggi Senoro LNG, PT Panca Amara Utama, PT Cargill Indonesia dan PT Sulawesi Regas Satu. Sebagian Terminal Khusus lainnya mengangkut nikel, CPO, tenaga listrik, tambang, batu bara, perikanan dan pupuk.

Syamsul Maarif menambahkan bahwa untuk di Sulawesi Utara, pihaknya sudah menjalin kerja sama pemanduan dan penundaan Tersus dengan PT Sulawesi Regas Satu (SRS) sebagai pengelola Tersus milik Humpuss Group. Itu untuk menyiapkan power plant atau pembangkit listrik di wilayah Amurang.

“Pada 13 September 2020 lalu telah dilakukan pelayanan pemanduan dan penundaan perdana kapal LNG Carrier Hua Xiang 8,” kata Syamsul.

Layanan kepanduan ini sangat penting untuk keselamatan dan kelancaran pelayaran. Dengan adanya kerja sama ini, dapat menjamin kelancaran operasional pelayanan yang ada di TUKS/Tersus yang menjadi wilayah kerja sama operasi. Selain itu juga meminimalisir kecelakaan atau bahkan zero accident, serta bisa memangkas waktu tunggu kapal atau zero waiting time. (*)


BACA JUGA