Bina Ratusan UMKM, Bupati Lutim Apresiasi Kontribusi PT Vale Indonesia
#

Bina Ratusan UMKM, Bupati Lutim Apresiasi Kontribusi PT Vale Indonesia

Selasa, 10 Agustus 2021 | 13:13 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

LUWU TIMUR, GOSULSEL.COM – Bupati Luwu Timur (Lutim), Budiman mengapresiasi apa yang sudah dilakukan PT Vale Indonesia Tbk. Salah satunya berkontribusi dalam pengembangan potensi lokal daerah seperti UMKM.

Apresiasi tersebut disampaikan Budiman saat bertemu dengan CEO PT Vale Indonesia, Febriany Eddy. Bertempat di Rujab Bupati Lutim di Malili, Senin (09/08/2021).

pt-vale-indonesia

“Saya sangat kagum dengan pola pembinaan yang dilakukan PT Vale ke UMKM di Luwu Timur, Pemkab siap mendukung pemasarannya,“ ujar Budiman.

Budiman menyampaikan bahwa pihaknya akan mendukung upaya PT Vale Indonesia. Dan sebagai wujud apresiasinya itu, Pemkab siap memfasilitasi spot display pemasaran di kantin PKK.

Sementara itu, per kuartal I tahun 2021 total sudah ada 584 UMKM yang dibina oleh PT Vale Indonesia. Demikian disampaikan Senior Manager Social Development Program (SDP), Ardian Indra Putra.

UMKM yang dibina segmentasinya berbeda-beda. Mulai dari produk makanan ringan, minuman herbal, beras organik, hingga handycraft.

“Saat ini dari sebanyak 584 UMKM yang dibina terdiri dari UMKM pemula atau baru 534, UMKM menuju mandiri sebanyak 46 dan sebanyak empat UMKM telah mandiri,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan, jika Perseroan memiliki komitmen tinggi mendorong pertumbuhan UMKM. Itu per tahunnya sebanyak 100 UMKM baru.

Ardian menyebutkan, jika indikator keberhasilan UMKM yang dibina PT Vale Indonesia merujuk pada tujuh masalah krusial UMKM. Yakni modal, inovasi, distribusi, pemasaran, branding dan perizinan, management waktu dan pembukuan usaha.

“Pola pembinaan yang diterapkan dengan menerjunkan pendamping lapangan, pelatihan,fasilitasi perizinan dan akses pembiayaan, serta promosi pemasaran produk,” sebutnya.

Saat ini, PT Vale Indonesia juga memaksimalkan kehadiran Gallery UMKM untuk membantu mengkonsolidasikan semua produk UMKM untuk dipasarkan satu pintu. Apalagi, Gallery UMKM ini telah bermitra dengan hotel di Makassar dan koperasi karyawan vale.

“Pola pemasarannya tidak saja melalui Gallery UMKM, tapi juga melalui pemasaran yang tetap dilakukan per pelaku UMKM,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA