gempa luwu timur

Gempa Bumi Guncang Luwu Timur, Tidak Berpotensi Tsunami

Rabu, 05 Desember 2018 | 23:18 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

LUWU TIMUR, GOSULSEL.COM – Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,5 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Rabu (5/12/2018) sekitar pukul 21:15 WITA.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Joharman. Ia mengatakan bawa gempa dengan kekuatan 3,5 SR di Luwu Timur tersebut berada pada jarak 3,08 km  ke arah timur laut Kecamatan Kalaena, Luwu Timur.

pt-vale-indonesia

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=3.5, Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.47 LS dan 120.89 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 3,08 km arah TimurLaut Kecamatan Kalaena Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 km,” katanya.

Joharman juga menjelasakan bahwa gema tersebut terjadi akibat aktivitas Sesar Matano. Ia juga menyebutkan sejauh ini gempa di Luwu Timur tersebut tidak berpotensi tsunami. Dan ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas Sesar Matano. Guncangan gempabumi dirasakan di Kalaena sebesar II MMI.  Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” jelasanya.(*)


BACA JUGA