Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat menjadi pembicara dalam YES Goes to Campus secara virtual, Sabtu (14/08/2021)

Menparekraf Sandiaga Uno Serukan Digitalisasi UMKM ke Mahasiswa

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 15:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno menyebut digitalisasi harus diterapkan di seluruh sektor. Terkhusus untuk para UMKM.

Sandiaga menilai penting apabila UMKM memulai berdagang secara digital. Terlebih saat ini Indonesia masih dihantam pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikannya ke mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Ia menjadi pembicara YES Goes to Campus bertema “Sustainable Enterpreneur Spirit” yang digelar Kemenparekraf RI bersama BEM FEB Unismuh Makassar secara virtual, Sabtu (14/08/2021).

“Saatnya go digital. Ibaratnya raket putus tapi digitalisasi kita adalah raket baru. Bagaimana kita bisnis ini masuk ke global dengan mulai online,” ujar Sandiaga.

Digitalisasi, kata Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, mampu meningkatkan penjualan dan daya saing. Sekalipun berada di tengah pandemi Covid-19.

“Juga SDM-nya untuk menghasilkan yang bernilai jual tinggi,” ucap Sandiaga.

Kemenparekraf RI terus mendorong agar UMKM di seluruh Indonesia dapat merasakan manfaat dari digitalisasi tersebut. Pihaknya pun, disampaikan Sandiaga, telah membuat program khusus.

“Kami tunjukkan salah satu program andalan kita. Salah satunya mendigitalissasi UMKM. Target 70 juta sebelum tahun 2024,” tandas Sandiaga.

Kegiatan tersebut turut dihadiri sejumlah pejabat dari Kemenparekraf, Anggota DPR RI Komisi XI, Kamrussamad yang juga sebagai narasumber, dan Penggiat UMKM, Hadi Suryadi. Serta Rektor Unismuh Makassar, Ambo Asse.(*)


BACA JUGA