SMA Islam Athirah 1 menggelar Open House secara virtual, Sabtu (14/08/2021)/Ist

Open House, SMA Islam Athirah 1 Bahas Program dan Kebijakan Sekolah

Selasa, 17 Agustus 2021 | 21:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — SMA Islam Athirah 1 Makassar mengangkat tema “Another Home for Students” dalam kegiatan Open House, Sabtu (14/08/2021). Kegiatan yang diketuai oleh Annas. Kegiatan ini digelar secara virtual serta diikuti 114 partisipan. Sejak pandemi tahun lalu, ini merupakan kali kedua SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar Open House Virtual.

Mengawali kegiatan Open House di pukul 08.00 WITA, setelah pembukaan oleh MC Fina Nailatul Izzah kemudian tilawah oleh Nur Muh. Dhiaul Haq Basumbul dan dilanjutkan saritilawah oleh Kartika Nadya Sulistyani. Setelah itu pembacaan doa oleh Muh. Haikal Al-Qadri.

Setelah sesi pembukaan kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Direktur Sekolah Islam Athirah, Syamril yang juga secara resmi membuka kegiatan Open House ini.

Dalam sambutannya, Direktur Sekolah Islam Athirah, Syamril memaparkan makna Open House dan 3 hal penting yang ingin dibangun di Sekolah Islam Athirah. Serta apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Open House ini jika kita coba maknai adalah perkenalan. Apa yang menjadi program atau apapun yang ada di athirah semoga nanti bisa anak-anakku ketahui. Kalau dalam bidang marketing ada istilah AIDA (Awaraness, Interest, Decision, Action),” jelasnya.

“Maksudnya adalah di awal adalah awareness, kita penasaran tentang sesuatu. Kemudian interest, tertarik. Selanjutnya Decision, pengambilan keputusan dan baru nantinya Action. Ini saya kira merupakan bagian dari kerangka itu,” tambah Syamril.

“Di Sekolah Islam Athirah, ada 3 hal yang ingin kita bangun. Pertama akademik, kedua karakter. Dalam karakter terbagi dua yaitu karakter baik dan kuat atau jika kita singkat ‘BaKu’. Ketiga, keagamaan religiusitas. Akademik, karakter, dan keagamaan, tiga inilah yang kita akan bangun dengan berbagai program. Ada yang kurikuler, yang ekstra kurikuler dan ko kurikuler,” tambahnya.

Setelah sambutan Direktur Sekolah Islam Athirah 1 Makassar, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Badan Musyawarah Jamiah (BMJ) Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalido, Novita Munassar. Ia memaparkan tentang BMJ yang merupakan wadah perkumpulan orang tua di Sekolah Islam Athirah, jika di sekolah lain dikenal dengan istilah Komite Sekolah. Kemudian diperkenalkan pula para pengurus BMJ Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalido, penjelasan singkat terkait latar belakang, peran dan fungsi, serta program kerja BMJ.

Sesi pembukaan Open House ditutup dengan persembahan Video Performance. Rangkaian kegiatan ini dilakukan oleh siswa kelas X SMA Islam Athirah 1 Makassar TP 2021/2022.

Setelah sesi pembukaan, kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan singkat para pimpinan yakni Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Wakasek Kurikulum, serta Wakasek Kesiswaan dan IT. Sebagai moderator dalam kegiatan ini adalah Annisa Wildana Kamil.

Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar memaparkan secara singkat beberapa hal terkait SMA Islam Athirah 1 Makassar. Yakni mengenai profil sekolah, kurikulum sekolah, jaminan mutu sekolah, dan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR).
L

Setelah sesi break sholat dhuha, acara kemudian dilanjutkan kembali yaitu pemaparan Wakasek Kurikulum B.J. Gunawan mengenai kurikulum sekolah. Selanjutnya pemaparan mengenai Bidang Kesiswaan dari Wakasek Kesiswaan dan IT Yusran.

Setelah pemaparan materi, para orang tua juga diberikan kesempatan untuk bertanya. Itu dalam sesi tanya jawab yang berlangsung kurang lebih 10 menit.

Setelah kegiatan di forum besar selesai, khusus untuk para orang tua kelas XI dan XII bergabung di forum khusus kelas XI dan XII. Sedangkan para orang tua siswa kelas X memasuki forum kecil bergabung bersama wali kelas masing-masing. Sesi ini berlangsung sampai dengan pukul 12.00 WITA.

Dalam forum khusus kelas XI dan XII maupun forum kecil kelas X tersebut berbagai hal dipaparkan terkait penjelasan program-program sekolah untuk tiap tingkatan. Juga beberapa kebijakan penting lainnya.(*)


BACA JUGA