Kepala Balitbangda Makassar, Andi Bukti Djufrie saat membuka Diseminasi Hasil Pengkajian dan Penelitian di Hotel Karebosi Premier, Selasa (24/08/2021)/Ist

Balitbangda Makassar Kebut Tiga Penelitian, Salah Satunya Soal Pengelolaan Sampah

Selasa, 24 Agustus 2021 | 23:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar menggelar Diseminasi Hasil Pengkajian dan Penelitian. Bertempat di Hotel Karebosi Premier, Selasa (24/08/2021).

Diseminasi ini membahas tiga hasil penelitian. Di mana ketiganya akan didorong sebagai cikal bakal munculnya Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Wali Kota (perwali).

Ketiga penelitian itu adalah Pengelolaan dan Pemanfaatan Sampah di Kota Makassar, dan Sistem Drainase. Serta Peran Koperasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Makassar.

Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie menyampaikan penelitian yang dilakukan akan menjadi dasar keputusan atau kebijakan dalam membuat Perda dan Perwali. Namun sebelumnya, ada beberapa tahapan yang mesti dilalui. Termasuk diseminasi.

“Diseminasi kita undang stakeholder seperti LPM (Lembaga Swadaya Masyarakat), SKPD terkait, dan kecamatan untuk menyampaikan gagasannya,” ujar Bukti.

Bukti berharap diseminasi ini bisa mendapatkan banyak masukan agar hasil penelitian yang sudah dijalankan bisa lebih disempurnakan. Juga dapat diterapkan secara efektif di Kota Makassar.

“Setelah ini kita akan finalisasi dan bawa ke DPRD untuk disampaikan dan akan dilakukan FGD (Focus Group Discussion) dengan komisi terkait,” beber Bukti.

Diseminasi ini, lanjutnya, juga dilakukan agar hasil penelitian dapat diketahui publik. Dan menegaskan bahwa Balibangda peduli dengan kondisi lingkungan masyarakat.

“Pengelolaan sampah ini termasuk bagaimana menghadirkan PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah). Kalau drainase lebih kepada konektivitas dan pencegahan banjir. Sedangkan peran koperasi untuk meningkatkan ekonomi,” tukas Bukti.(*)


BACA JUGA