Camat Ujung Pandang, Andi Pattiware turut hadir dalam aksi bersih-bersih Kantor Syahbandar Utama Makassar di Dermaga Kayu Bangkoa, Jumat (10/09/2021)

Ikut Aksi Bersih-bersih, Camat Ujung Pandang Imbau Masyakarat Jaga Kebersihan Laut

Sabtu, 11 September 2021 | 14:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Camat Ujung Pandang, Andi Pattiware turut hadir dalam aksi bersih-bersih yang diinisiasi Kantor Syahbandar Utama Makassar. Kegiatan berlangsung di Dermaga Kayu Bangkoa, Jumat (10/09/2021).

Andi Pattiware bersama masyakarat dan petugas Syahbandar Utama Makassar terlihat membersihkan sampah di sepanjang pinggir laut. Sesekali memberikan juga arahan kepada mereka.

Disampaikan Andi Pattiware, masyakarat harus berperan serta dalam menjaga lingkungan terkhusus di laut. Sehingga, keindahannya bisa tetap memanjakan mata.

“Jadi ini motivasi buat warga kami untuk lebih perhatian terhadap kebersihan,” ujar Andi Pattiware.

Andi Pattiware pun mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Syahbandar Utama Makassar ini. Ia pun mengaku jika pihaknya siap bersinergi dengan pihak manapun untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Syahbandar Utama Makassar. Kami anggap salah satu wujud nyata kepedulian terhadap kebersihan terutama di laut dan sekitarnya,” jelasnya.

Sementara itu, Penanggungjawab Koordinator Padat Karya 2021 Kantor Syahbandar Utama Makassar, Triono menyampaikan aksi bersih-bersih dilakukan lantaran melihat banyaknya sampah berserakan. Dan memperburuk kondisi dermaga.

“Sampah-sampah yang ada di sini banyak sekali yang kiriman dari sebelah dari laut. Jadi mengotori perairan di wilayah sini,” ujarnya.

“Hasilnya diharapkan bisa bersih ramai dan nyaman dan yang ada di daerah sini bisa sehat semuanya,” sambung Kepala Bidang Keselamatan Berlayar Kantor Syahbandar Utama Makassar ini.

Warga yang terlibat dalam kegiatan ini, ungkap dia, tidak terlepas dari kerjasama dengan pemerintah Kecamatan Ujung Pandang. Ia pun berharap pihak lain turut berkontribusi dalam kebersihan pantai terkhusus di Dermaga Kayu Bangkoa.

“Masyakarat senantiasa menjaga kebersihan menjaga lingkungan tetap bersih. Sehingga semua yang masuk ke area Kayu Bangkoa ini bisa menikmati dengan suasana yang asri,” harapnya.

Aksi bersih-bersih itu merupakan bagian dari program Padat Karya oleh Kantor Syahbandar Utama Makassar. Sekaligus rangkaian acara peringatan Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada 17 September nanti.(*)


BACA JUGA