UPTD Penjernihan Air dan Limbah (PAL) menjadi percontohan di Sulsel/Ist

Dikelola Dinas PU Makassar, IPTL Nipa-Nipa dan UPTD PAL Kini Jadi Percontohan di Sulsel

Jumat, 17 September 2021 | 12:15 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar patut berbangga. Sebab, Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Penjernihan Air dan Limbah (PAL) sudah menjadi percontohan empat daerah di Sulsel.

Diketahui Yayasan Bakti menggandeng Unicef akan mendorong empat daerah di Sulsel untuk membentuk UPTD PAL. Di mana keempat daerah yakni UPTD PAL Palopo, UPTD PAL Pinrang, UPTD PAL Sinjai dan UPTD PAL Sidrap menjadikan Makassar sebagai role model utama.

13 perwakilan dari empat daerah tersebut diutus. Dan resmi diterima oleh IPTL dan UPTD PAL Makassar.

“Kami bersyukur menjadi mentor dalam kegiatan ini. semoga yang dilakukan UPTD PAL Makassar bisa dicontoh oleh empat UPTD PAL kabupaten-kota di Sulsel sehingga bisa meningkatkan efektifitas masing-masing,” ujar Kepala UPTD PAL Makassar, Kerlinus Bumbungan, Rabu (15/09/2021).

Ia juga menambahkan bahwa pengelolaan air-limbah di Sulsel seyogyanya bersama-sama bisa memajukan pengelolaan. Sehingga, kehadiran UPTD empat daerah tersebut disambut dengan baik.

“UPTD PAL kab-kota ini semoga bisa ke arah yang lebih baik lagi untuk bersama-sama memajukan pengelolaan air limbah di Sulsel,” lanjut Kerlinus.

Sementara itu, perwakilan Yayasan Bakti, Hamzah mengapresiasi Kota Makassar. Itu dengan penerimaannya yang sangat terbuka.

“Kami sangat mengapresiasi sambutan dari UPTD PAL Kota Makassar yg meluangkan banyak waktu menerima para peserta dan mendukung kegiatan kami agar pengelolaan air limbah lebih efektif dan berkelanjutan di empat UPTD PAL kabupaten-kota di Sulsel,” tukasnya. (*)


BACA JUGA