Plt Kepala Dinsos Kota Makassar, Rusmayani Madjid/Ist

Dinsos Makassar Gandeng Kodim akan Salurkan BLT Bagi 5 Ribu UMKM

Minggu, 19 September 2021 | 22:11 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemkot Makassar melalui Dinas Sosial (Dinsos) Makassar kini bekerja sama dengan Komando Distrik Militer (Kodim). Keduanya akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap 5 ribu UMKM.

Pasalnya, nasib pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) semakin terpuruk. Mereka begitu merasakan dampak dsrit pandemi Covid-19.

Sejak pandemi, sejumlah pelaku UMKM harus gulung tikar karena terdampak pandemi Covid-19. Kebanyakan UMKM mengalami masalah kesehatan arus kas, sehingga harus merumahkan tenaga kerjanya.

Selain itu, pelaku UMKM terkendala dari sisi suplai karena terganggunya distribusi selama masa pandemi Covid-19. Juga terjadi pelemahan dari sisi permintaan lantaran jam operasional terbatas.

Plt Kepala Dinsos Kota Makassar Rusmayani Madjid mengatakan bantuan tersebut berasal dari Kodim. Pihaknya, kata dia, membantu dalam hal penyaluran dan pelaporan.

“Dinsos sebagai pendamping, bantuan UMKM lewat Kodim dengan anggaran sekitar 6 miliar,” kata wanita yang akrab disapa Maya ini, Minggu (19/09/2021).

BLT UMKM tersebut dikerjasamakan dengan Pemkot Makassar. Itu terkait dengan pendataan dan penyaluran.

“Datanya akan disandingkan dengan data-data yang ada di Dinas Koperasi supaya tidak tumpang tindih,” lanjutnya.

Maya mengatakan setiap UMKM bakal memperoleh 1,2 juta dalam bentuk tunai. Hal itu sebagai bentuk kehadiran pemerintah terhadap pelaku usaha di masa pandemi Covid-19.

“1 UMKM memperoleh 1,2 juta dalam bentuk tunai,” paparnya.

Sementara persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut, bukan pihaknya yang mengatur. Melainkan merupakan wewenang Kodim. (*)


BACA JUGA