Direktur PPs IBK Nitro, Rosnaini Daga/Ist

Deposito Puluhan Miliar Raib, BNI Makassar Bisa Kehilangan Kepercayaan Nasabah

Senin, 20 September 2021 | 22:32 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kasus raibnya puluhan miliar deposito milik sejumlah nasabah BNI Makassar, termasuk Idris Manggabarani menjadi sorotan. Pengamat perbankan, Rosnaini Daga turut angkat bicara.

Wanita yang akrab disapa Neni ini menilai kasus tersebut mesti menjadi perhatian serius bagi BNI Makassar. Sebab, ada potensi kepercayaan nasabah bisa menurun.

“Kasus ini sudah pasti membuat kepercayaan nasabah turun. Bahkan sudah ada kampaye nasabah untuk rame-rame menarik dananya dari BNI,” jelas Neni, Senin (20/09/2021).

Direktur PPs IBK Nitro ini juga mengatakan bahwa kasus yang masuk dalam kategori fraud atau kecurangan ini mesti diawasi dengan ketat. Apalagi jika hilangnya deposito itu melibatkan pihak internal BNI.

“Harus ditangani juga serius oleh pemerintah dalam hal ini Menteri BUMN. Kasus ini harus segera diselesaikan sehingga kepercayaan nasabah terhadap BUMN bisa terjaga,” jelasnya.

Terakhir, kata Neni, baik BUMN maupun BNI harus memberikan sanksi terhadap oknum yang terlibat. Sehingga, kasus itu tidak kembali terulang di masa yang akan datang.

“Harus diberikan sanksi, apakah dia karyawan biasa ataupun pimpinan selain sanksi hukum dari Pengadilan. Pengawasan OJK terhadap bank perlu ditingkatkan,” ucap Neni.

“Padahal nasabah menyimpan dananya di bank karena percaya bahwa bank adalah tempat yang aman menyimpan dana,” tandasnya.(*)


BACA JUGA