Ketua Perwakilan BKKBN Sulsel, Andi Ritamariani saat melaporkan capaian Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana di Aula BKKBN Sulsel, Kamis (23/09/2021)

Rampungkan Data 2,1 Juta KK, BKKBN Sulsel Masuk Tiga Besar Capaian Tertinggi

Kamis, 23 September 2021 | 23:45 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulsel patut berbangga. Capaian pendataan Kartu Keluarga (KK) untuk tahun 2021 tercatat menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel, Andi Ritamariani menyampaikan bahwa pihaknya telah merampungkan sebanyak 2.166.631 KK dari target 2.340.658 KK. Pendataan pun dimulai sejak 1 April sampai 31 Mei.

“Saat ini hasil pendataan sementara proses verifikasi data di tingkat pusat dan dapat segera rilis untuk kebutuhan pelaksanaan program dilapangan,” jelas Ritamariani, Kamis (23/09/2021).

Walau sedikit melenceng dari target, ia menyatakan jika capaian itu sudah masuk tiga besar di Indonesia. Dan dipastikan sudah mendata secara menyeluruh.

“Kita masuk peringkat tiga nasional capaian kita sudah 100 persen selesai,” sambung Ritamariani.

Di samping itu, pusat juga mengapresiasi enam kabupaten atau kota di Sulsel yang melakukan pendataan dengan cepat. Sehingga, perampungan data bisa tepat waktu.

“Ada 6 kabupaten yang langsung mendapat penghargaan dari pusat karena paling cepat, seperti Palopo, Parepare, Barru, Pangkep, Bantaeng, dan Soppeng,” sebutnya.

Selama proses pendataan, ia mengaku tak sedikit mengalami kendala. Berjibaku dengan waktu, membuat pihaknya bekerja ekstra siang malam.

“Jadi kami terus kebut ini. Malam-malam pun kita harus kerja karena sedikit sekali waktu. Tapi akhirnya bisa rampung juga,” tutupnya.(*)


BACA JUGA