Wakil Dekopin, Ferry Juliantono saat menjadi narasumber dalam Stadium General yang digelar oleh Sema UINAM dan ProDem Sulsel di Hotel La Macca, Sabtu (30/10/2021)

Sema UINAM-ProDem Sulsel Bahas Revolusi Sistem Ekonomi Bersama Ferry Juliantono

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 20:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Senat Mahasiswa (Sema) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) bersama ProDem Sulsel menggelar Stadium General. Bertempat di Hotel La Macca, Sabtu (30/10/2021).

Stadium General ini membahas sistem revolusi ekonomi Indonesia. Adapun Sema UINAM dan ProDem Sulsel mengundang Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Ferry Juliantono.

pt-vale-indonesia

Peserta yang dilibatkan sebanyak 100 orang. Mereka merupakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, seperti Universitas Negeri Makassar dan STIE Wira Bhakti.

Dalam pemaparannya, Ferry Julianto menekankan pentingnya membangkitkan ekonomi Indonesia. Terkhusus dalam transaksi eskpor dan impor.

“Jadi sekarang ini kita lebih banyak mengimpor beras misalnya. Mengimpor boleh. Tapi harusnya kita kan melakukan ekspor juga untuk beras. Kita termasuk banyak memproduksi beras,” jelasnya.

Sejauh ini, Politikus dari Partai Gerindra ini juga menilai salah satu yang menghambat ekonomi Indonesia membaik adalah karena Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN). Hal itu terjadi di kalangan oknum pengusaha yang mau ambil untung sendiri.

“Nah ini juga KKN. Masih banyak lembaga di sektor perdagangan yang masih melakukan KKN. Itu yang harus kita perhatikan,” sambung Ferry.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Stadium General dari ProDEM Sulsel, Ibrahim Mappasomba mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan cara bagi pemuda meningkatkan kualitas dan pengetahuan. Sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Oleh karena itulah melalui kegiatan seperti ini diharapkan memberikan semangat baru dan manfaat bagi pemuda. Terkhusus cara melihat arah ekonomi di Indonesia saat ini.

“Kegiatan ini baru pertama kali kami gelar dan bersyukur antusias pemuda untuk hadir sangat baik. Mayoritas hadir adalah mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Makassar,” sebut Ibrahim.

Ia menambahkan, dengan melihat suksesnya pelaksanaan kegiatan ini, tidak menutup kemungkinan hal serupa tetap akan terus dilaksanakan secara rutin. Itu memberikan edukasi dan membuka wawasan baru bagi pemuda juga mahasiswa.

“Harapan kami tentunya teman-teman yang telah ikut di kuliah umum mendapatkan wawasan baru tentang sistem ekonomi di Indonesia yang dipaparkan oleh pemicara yaitu Wakil Dekopin Dr Ferry Juliantono,” tutupnya.(*)


BACA JUGA