Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno saat melihat seni Kriya Anyaman Kole Sawangan di Tana Toraja, Minggu (21/11/2021)/Ist
#

Sandiaga Uno Bantu Genjot Produksi Seni Kriya Anyaman Kole Sawangan

Senin, 22 November 2021 | 11:42 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

TANA TORAJA, GOSULSEL.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno meminta masyarakat dari Desa Wisata Kole Sawangan terus mengembangkan produksi Seni kriya anyaman. Seni kriya anyaman merupakan seni yang dikerjakan dengan cara memanfaatkan bambu yang ada di desa wisata tersebut.

Sandiaga mengungkapkan, sejauh ini kerajinan yang dibuat adalah terkait dengan anyaman bambu harus dilakukan pre-order lebih dulu. Alasannya, keterbatasan mesin pemotong bambu.

Karena melihat kondisi itu, Sandiaga menghadiahkan satu unit mesin pemotong bambu. Kemudian bisa digunakan oleh warga desa tersebut untuk menggenjot produksi seni Kriya Anyaman.

“Tapi ini kita harus memesan mesinnya dulu ya, jadi saya serahkan secara simbolis terlebih dahulu,” kata Sandiaga, Minggu (21/11/2021).

Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya melihat salah satu pengrajin, Markus menganyam dengan tradisional sehari dua. Namun, tempat menyimpan hasilnya itu kurang memadai.

Terlebih, kata dia, bila nanti ada peningkatan kunjungan sehingga akan membutuhkan tempat yang layak. Untuk itu, pihaknya melakukan gerak cepat untuk segera menghadirkan apa yang dibutuhkan untuk peningkatan penjualan dan promosi.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, dalam beberapa minggu ini akan datang mesin pemotong yang proses produksinya. Menurutnya, keunggulan dari Tana Toraja yang paling terkenal adalah kopinya dan juga negeri di atas. Sedangkan, kerajinan bambu ini tidak pernah terekspos sehingga pihaknya akan membantu kerajinan bambu tersebut.

“Kita lihat kalau bambu selalu hadir dalam harian masyarakat toraja dengan ini kita harapkan bisa membantu peningkatan ekonomi di Tana Toraja,” tegasnya.

Selain itu, Sandiaga menegaskan apabila ada satu event internasional tentu akan mengembalikan Toraja. Itu sebagai unggulan tujuan wisata kelas internasional.

Satu event internasional tersebut nantinya akan menandakan toraja sebagai unggulan tujuan wisata kelas internasional. Atas dasar itu, Sandiaga mengungkapkan rasa bahagianya dan bangga dengan desa wisata tersebut.

“Kita harapkan Desa Wisata Kole Sawangan, Kecamatan Malimbong Balepe’, Kabupaten Tana Toraja, Sulsel terus berkembang dan mampu bangkitkan ekonomi warganya. Sehingga, pertumbuhan ekonomi masyarakat desa tersebut bisa terus meningkat dan berkembang,” jelasnya.

Dengan adanya atraksi dan daya Tarik wisata yang dimilikinya. Terutama keungglan budaya yang sangat kental.

“Saya harapkan desa ini akan terus berkembang sehingga mampu menadi desa yang tarbaik,” tukas Sandiaga. (*)


BACA JUGA