Permas, Pemprov Sulsel, IDI Makassar, dan PMI Makassar bakal membantu korban dampak gempa NTT di Selayar/Ist

Kolaborasi Permas Hingga IDI Makassar Bantu Korban Dampak Gempa NTT di Selayar

Jumat, 17 Desember 2021 | 13:35 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Persatuan Masyarakat Selayar (Permas) menemui Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Pihaknya melakukan koordinasi bentuk bantuan Pemprov Sulsel untuk korban Gempa Larantuka, NTT yang berdampak pada 4 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Alhamdulillah Pak Gub sangat merespon dan langsung mengkoordinasikan dengan pihak terkait. Termasuk TNI dan BPBD Sulsel,” ujar Ketua DPP Permas, Syamsu Rizal.

Ketua PMI Makassar ini juga mengaku telah melakukan komunikasi dengan Bupati Selayar, Basli Ali. Itu terkait kondisi, penanganan dan perkembangan warga di kecamatan Kepulauan Selayar yang terdampak gempa.

“Bupati Selayar juga sudah mengeluarkan surat penetapan darurat bencana pertanggal 14 Desember 2021, agar penanganan bisa lebih fokus dan maksimal,” terang pria yang akrab disapa Deng Ical ini.

Bupati Selayar Basli Ali mengatakan bahwa saat ini telah berada di lokasi terdampak gempa di Kecamatan Bonerate dan Pasilambena bersama pihak terkait. Itu guna melihat dan melakukan penanganan yang diperlukan,

Secara khusus, pemulihan layanan sosial. Termasuk memastikan kebutuhan pangan, layanan kesehatan dan kebutuhan hidup dasar lainnya bisa tersedia.

“Dari IDI Makassar juga telah menyampaikan komitmennya kepada kami di Permas, untuk turut mengambil bagian dalam penanganan bagi korban gempa di Selayar, khususnya dalam hal pelayanan kesehatan,” katanya.

Deng Ical pun berharap, penanganan terhadap korban bencana gempa Selayar agar dapat segera dilakukan tahapan pasca bencana. Misalnya, rehabilitasi bangunan yang rusak agar kehidupan dan kepercayaan korban bisa segera pulih. (*)


BACA JUGA