Pelepasan kontigen U-13, 15 dan 17 asal Makassar ke putaran nasional Piala Soeratin di Tribun Lapangan Karebosi, Rabu (09/03/2022)

Tiga Kontingen Makassar ke Piala Soeratin, PSSI Makassar Target Tembus Semifinal

Rabu, 09 Maret 2022 | 22:26 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Tiga tim sepak bola Sulawesi Selatan, kategori usia (U) 13, 15 dan usia 17. Semuanya berasal dari Askot PSSI Makassar akan berlaga di putaran nasional Piala Soeratin 2022.

Tahun ini, Kota Makassar menjadi satu-satunya daerah yang mewakili Sulawesi Selatan. Itu setelah berhasil menyingkirkan semua perwakilan tim sepak bola dari daerah lain pada ajang piala Soeratin Asprov Sulsel.

Putaran nasional Piala Soeratin adalah lanjutan. Setiap pemenang regional di masing-masing provinsi mewakili untuk mengikuti putaran nasional.

“Ini pertama kali dalam sejarah tiga-tiganya diwakili Makassar,” ujar Ketua Askot PSSI Makassar, Ahmad Susanto usai melepas kontigen U-13, 15 dan 17 di Tribun Lapangan Karebosi, Rabu (09/03/2022).

Ahmad berpesan kepada pemain yang mewakili ke pentas nasional agar datang bukan sebagai penggembira. Namun, berjuang dan menang.

“Saya minta menangkan pertandingan dan insya Allah kita kejar sesuai target di nasional,” tuturnya.

Jauh hari sebelum pentas di ajang nasional, Ahmad menyebut pihaknya telah melakukan persiapan dengan matang. Ia menyebut sejak putaran regional sampai ke putaran jelang nasional pada pemain terus latihan, mengembangkan pola-pola latihan.

“Anak-anak diberi pendampingan, porsi pelatihan yang sesuai,” tuturnya.

Menurutnya, target nasional minimal menembus ke laga semifinal. Ia mengatakan, sejauh ini pencapaian terbaik Sulsel adalah 8 besar.

“Mudah-mudahan kita bisa melampaui pencapaian terbaik, minimal semifinal dan kita fight untuk juara,” tuturnya.

Bila Makassar berhasil keluar sebagai juara pada laga tersebut, Ahmad mengaku telah menyiapkan hadiah motor untuk pelatih. Tujuannya, agar bisa terus termotivasi untuk mengembangkan para pemain.

“Ada saya siapkan NMAX bagi pelatih kalau juara semua usianya. Untuk kategori usia ini, itu adalah pembinaan usia. Sehingga kami tidak mengiming-imingi pemain dengan hal-hal yang berbau materi. Tapi adalah pasti untuk anak-anak tapi bukan untuk orientasinya,” tutupnya.

Dalam Piala Soeratin kali ini, tim U-13 Sulawesi Selatan masuk dalam grup F. Mereka akan berhadapan dengan Kalimantan Selatan, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Sedangkan U-15 tergabung di grup C. Riau, Maluku, dan Kalimantan Selatan akan menjadi lawannya.

Untuk U-17 berada pada grup C. Adapun yang menjadi kompetitornya adalah Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara.(*)


BACA JUGA