Sambut Bupati Bone di Makam Arung Palakka, Bupati Gowa: Gowa dan Bone Bersaudara

Rabu, 16 Maret 2022 | 20:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyambut langsung kedatangan Bupati Bone, Andi Fahsar Padjalangi yang melakukan ziarah ke Makam Raja Bone Ke XV Arung Palakka di Jalan Bontobiraeng, Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Rabu (16/03/2022).

Adnan dalam sambutannya mengaku menyambut baik kedatangan Bupati Bone bersama rombongan di Kabupaten Gowa. Karena menurut Adnan Kabupaten Gowa dan Bone ini merupakan satu kesatuan persaudaraan yang tidak bisa dilepaskan dan tidak bisa dipisahkan oleh isu apapun.

pt-vale-indonesia

“Pak Bupati Bone izinkan saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gowa menyampaikan Selamat datang di daerah kami yang merupakan tanah kita juga, jadi kita ini bukan tamu ini sebenarnya kita juga orang Gowa, kita ini bersaudara sehingga saya hanya menyambutnya sebagai sebuah keluarga,” kata Bupati Adnan.

Lanjut Bupati Adnan, dirinya menyebutkan bahwa apa yang dilakukan hari ini menunjukkan kembali bahwa dua daerah yakni Kabupaten Bone dan Gowa merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan dalam membangun Sulawesi Selatan yang lebih baik di masa yang akan datang.

“Dan hari ini tentu kita membuktikan bahwa sejarah masih kita jaga sampai dengan hari ini, oleh karena itu Bung Karno pernah mengatakan ‘Jasmerah’ Jangan sekali-sekali melupakan sejarah karena sejarah itulah maka kita masih bisa berdiri sampai dengan hari ini,” ungkapnya.

Sementara dalam sambutannya, Bupati Bone, Andi Fahsar Padjalangi menyebutkan bahwa dengan adanya makam Raja Bone Ke-XV La Tenri Tatta Arung Palakka di Gowa menunjukkan bahwa tanah Bone dan Gowa memiliki hubungan yang yang sangat baik dan tidak ada perselisihan.

“Alhamdulillah seperti apa yang terjadi sekarang ini kita melihat tidak ada lagi sekat yang membedakan Gowa dan Bone. Memang sangat mudah Sulawesi Selatan ketika kita mencoba mengukir sejarah seperti sejarah-sejarah yang bisa meruntuhkan persatuan kita tapi alhamdulillah berkat kesadaran kita semua kita jaga ini,” kata Andi Fahsar.

Selain itu, pada kesempatan ini, Andi Fahsar berterima kasih atas perhatian Bupati Gowa atas seluruh kegiatan Kabupaten Bone yang sering diselenggarakan di Kabupaten Gowa. Bahkan sangat memperhatikan Masyarakat Bone yang ada di Kabupaten Gowa.

“Pak Bupati Gowa adinda kami Dr Adnan luar biasa perhatian kepada Bone, begitu juga masyarakat bone yang ada di Gowa. Seperti yang disampaikan beliau ada 3 Kadis, Aja’ tapakasiri Pa’ Bupati, jaga namanya Bone,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga, Bupati Gowa dan juga Bupati Bone bersama Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle bersama Forkopimda Kabupaten Bone dan jajaran Pemkab Bone melakukan tabur bunga di makam Arung Palakka. Sebelum ziarah ke Makam Arung Palakka, Bupati Bone terlebih dahulu Ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina.(*)


BACA JUGA