Dinas PU Makassar membersihkan kanal/ Ist

Satgas Drainase Dinas PU Makassar Rutin Bersihkan Sampah di Kanal

Selasa, 26 April 2022 | 18:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Membersihkan sampah di kanal Kota Makassar adalah salah satu agenda rutin satgas drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar. Pembersihan tersebut dilakukan sepanjang tahun setiap hari Senin hingga Sabtu dimulai 08.00 sampai 16.00 WITA dengan tujuan memaksimalkan saluran air.

Sebanyak 29 orang tim satgas drainase disertai 4 unit armada perahu masing-masing tim dan armada dibagi ke sejumlah titik. Mereka diturunkan untuk membersihkan sampah yang ada di Kanal Pannampu, Jongaya dan Sinrijala.

“Kegiatan pembersihan kanal ini sudah menjadi agenda rutin kami dari Dinas PU Makassar guna menjaga kebersihan kanal dan sebagai upaya pencegahan banjir,” jelas Kepala DPU Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir, Selasa (26/04/2022).

Zuhaelsi Zubir juga menambahkan kegiatan pembersihan sampah pada kanal ini sangat penting. Hal itu untuk menjaga kebersihan dan fungsi kanal.

Terpisah, PPID Dinas PU Kota Makassar, Hamka Darwis menjelaskan selain agenda rutin yang dilakukan ini, pihaknya juga sekaligus memberi himbauan kepada masyarakat. Sehingga, bisa menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di Kanal.

“Kami meminta kepada warga masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan tujuannya agar kanal kita bisa benar-benar berfungsi sebagai saluran primer yang menerima aliran air dari saluran sekunder dan tersier sehingga meminimalisir genangan yang ada pada saat musim penghujan tiba,” tukas Hamka.(*)


BACA JUGA