Pemeriksaan hewan ternak sapi menjelang hari raya idul Adha.

Disnakbun Gowa Imbau Warga Beli Hewan Kurban Di Tempat Resmi

Jumat, 10 Juni 2022 | 12:17 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Gowa menghimbau warga agar membeli hewan kurban di tempat resmi.

Imbauan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Gowa, Suhriati mengingat hari raya idul Adha atau hari raya kurban sudah dekat.

pt-vale-indonesia

“Kami imbau masyarakat yang mau melakukan kurban agar membeli hewan kurban pada pedagang resmi maupun pada peternak yang sudah legal dalam penjualan. Artinya, sapi ternak dan kambingnya sudah terdata resmi di Disnak agar terjamin dari kesehatannya,” katanya, Jum’at (10/6/2022).

Dikatakannya untuk Hari Raya Kurban tahun 2022 ini, pihaknya menyiapkan sekitar 6.684 ekor sapi dan 879 ekor kambing.

Jumlah stok sapi dan kambing siap kurban ini, bertambah dibanding jumlah stok tahun 2021 lalu.

“Jumlah stok ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya 6.277 ekor sapi dan kambing cuma 789 ekor. Jadi ada kenaikan stok 6,43 persen untuk sapi dan kambing 6,33 persen. Untuk keseluruhan populasi sapi di Gowa kami mencatat sekira 14.000 ekor tersebar di 18 kecamatan. Belasan ribu ekor sapi ini ada yang diternakkan secara berkelompok ada juga perorangan. Kalau jumlah peternak yang menjadi binaan Disnakbun ada 14 orang peternak, ” jelas Suhriati.

Menurut dia, hewan siap kurban ini telah dilakukan pendataan oleh Dinas Peternakan Gowa. Pihaknya juga telah menurunkan tim keswan (kesehatan hewan) untuk memeriksa kesehatan sapi dan kambing.

Pemeriksaan itu seputar kesehatan gigi, kuku, mata dan mulut. Termasuk upaya Disnak melakukan perlindungan kesehatan ternak dari penyakit-penyakit hewan berupa PMK (penyakit mulut dan kuku) serta jenis penyakit lainnya seperti Antraks.

“Beberapa pekan lalu kami sudah melakukan sosialisasi tentang PMK dan penyuluhan kepada para peternak untuk tetap menjaga kesehatan ternaknya khususnya yang akan dijadikan hewan kurban,” pungkasnya.


BACA JUGA