Direksi-Dewas BUMD Makassar Dilantik, Banyak Jabatan Baru Termasuk Komite Audit

Selasa, 19 Juli 2022 | 19:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Komposisi dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Makassar banyak diubah oleh Wali Kota, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Hal itu terungkap setelah pelantikan Direksi-Dewas di Baruga Anging Mammiri Rujab Wali Kota, Selasa (19/07/2022).

Ada beberapa jabatan baru dan penambahan jumlah Direksi dan Dewas. Yang baru, ada posisi Sekretaris Dewas dan Komite Audit.

Sedangkan jabatan Direksi ada penambahan di tiga BUMD. Masing-masing dua untuk PD Pasar Makassar Raya dan PD Parkir Makassar Raya, dan satu untuk PDAM.

Danny mengatakan bahwa komposisi terbaru ini sudah dipertimbangkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Sehingga mampu mendongkrak PAD.

“Kita ingin membuat banyak layanan-layanan dan belanja. Kan kita punya revolusi pendapatan. Misalnya soal parkir itu potensi pendapatannya Rp2 Triliun itu, pasar potensinya juga besar, PDAM kita sudah punya air limbah,” ujarnya.

Berikut juga untuk Sekretaris Dewas dan Komite Audit. Danny menyampaikan keduanya ditambah berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD.

“Sesuai PP 54 tahun 2017, kita tambah Sekretaris Dewas dan komite Audit. Dan itu ditunjuk langsung tidak dipilih,” ujarnya.

Khusus untuk Komite Audit, Danny menyampaikan fungsi dan wewenangnya telah diatur melalui PP tersebut. Adalah untuk membantu Dewas BUMD dalam tugas pengawasan.

“PP itu dan sudah aturan baru,” tukasnya.(*)


BACA JUGA