Dinas PU Makassar dan Jambi Bahas Terkait Inovasi Digital

Kamis, 28 Juli 2022 | 16:28 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menerima kunjungan dari Dinas PU Kota Jambi. Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Dinas PU Makassar, Rabu (28/07/2022).

Ada empat orang perwakilan dari Dinas PU Kota Jambi yang berkunjung. Diantaranya, ialah Kepala Dinas PU Kota Jambi beserta pejabat fungsional.

Kunjungan tersebut disambut hangat dan diterima langsung oleh Sekertaris Dinas PU Kota Makassar, Denny Hidayat. Ia didampingi.Kabid Bina Teknik, Kabid Prasarana dan Gedung Pemerintah serta Pejabat Fungsional Pembina Jasa Konstruksi.

Dinas PU Kota Jambi melakukan kunjungan terkait dengan berbagai inovasi yang telah dilaksanakan, terkhusus oleh Dinas PU Kota Makassar dan secara umum oleh Pemkot. Sehingga, dapat menjadi inspirasi bagi Pemerintah Kota Jambi untuk membuat inovasi demi kemajuan daerah.

Denny Hidayat pun membeberkan sejumlah inovasi dan program kerja yang akan dilaksanakan oleh Dinas PU Kota Makassar. Salah satunya terkait digitalisasi.

“Dinas PU telah melaksanakan Forum Jasa Konstruksi yang membahas Makaverse-Makassar on Metaverse, pengembangan platform Metaverse ini menjadi upaya Pemkot Makassar mengadopsi teknologi digital dengan realitas virtual yang akan memberikan manfaat untuk masyarakat Makassar khususnya dan Indonesia umumnya,” papar Denny.

“Selain itu ada Program Marvec-Makassar Virtual Economic Centre yang diharapkan menjadi starup lorong sehingga pemulihan ekonomi setelah diterpa pandemi Covid-19 dapat segera tercapai,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Denny juga memaparkan berbagai inovasi lainnya seperti Longwis atau Lorong Wisata. Di mana program ini merupakan salah satu upaya Pemkot Makassar untuk memulihkan kembali perekonomian.

“Terutama dalam memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan mendukung pariwisata lokal,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Bina Teknik, Irma Yanti Ishak juga memaparkan program kerja Bina Jasa Konstruksi yaitu fasilitasi sertifikasi 10.000 tenaga terampil konstruksi, hingga tahun 2021 telah tersertifikasi 950 orang. Sedangkan tahun 2022 akan dilaksanakan sertifikasi dengan target 350 orang yang terdiri 50 orang petugas K3 dan 300 tukang.

Sementara itu, untuk Program Kerja Bidang Prasarana dan Gedung Pemerintah, Hajar Aswad sebagai Kepala Bidang, memaparkan bahwa tahun ini akan dilaksanakan pembangunan Mall Pelayanan Publik yang dianggarkan sebesar Rp190 Miliar dan dilaksanakan multiyears. Selain itu ada Japparate yang merupakan jogging track melayang disepanjang pesisir pantai losari yang dalam pengerjaannya menggunakan skema KPBU atau Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha.

Kepala Dinas PU Kota Jambi dan jajarannya pun sangat mengapresiasi segala program yang dicanangkan oleh Pemkot Makassar. Juga berterima kasih atas pemaparan sejumlah program unggulannya.

“Harapan kami, semoga apa yang telah kami dengar dan lihat dari Kota Makassar nantinya dapat menjadi inspirasi dalam pengembangan inovasi di Kota Jambi,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA