Proses pengelolaan bibit di Nursery PT Vale Indonesia/Ist

Lestarikan Lingkungan, Vale Indonesia Hadirkan Kebun Raya

Jumat, 05 Agustus 2022 | 21:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

LUWU TIMUR, GOSULSEL.COM — PT Vale Indonesia Tbk tidak hanya konsen terhadap pertambangan. Perusahaan dengan kode emiten INCO ini juga fokus untuk melestarikan lingkungan.

Upaya itu diperlihatkan dengan menghadirkan kebun raya seluas 120 hektare (Ha) yang diberi nama Wallace Sawerigading Mining Park. Di sana, ada berbagai spesies flora dan fauna.

Berbagai macam flora dihadirkan. Seperti tanaman lokal, beberapa diantaranya nangka dan jeruk. Juga spesies tanaman lain seperti akasia dan ecaliptus.

Sedangkan untuk fauna juga banyak dirawat oleh pihak Vale Indonesia melalui tim Nursery. Ialah 15 Rusa dari BKSDA Sulsel dan Kupu-kupu.

Team Leader Revegation PT Vale Indonesia, Erlin Harry menyampaikan perseroan telah mengucurkan dana sebesar Rp47 Miliar untuk kebun raya itu. Setiap tahun bibit tanaman yang ada juga disalurkan ke pihak yang membutuhkan.

“Jadi ini merupakan bagian dari tanggung jawab Vale,” ungkap Erlin di Nursery PT Vale Indonesia, Jumat (05/08/2022).

Erlin menambahkan bahwa progres kebun raya sejauh ini baru 20 persen. Pihaknya optimis bisa merampungkannya sebelum Kontrak Karya (KK) berakhir pada 2025.

“Kalau ini selesai maka kita akan serahkan pengelolaannya ke pemerintah,” tukasnya.(*)


BACA JUGA