Dinas PU Kota Makassar melakukan sosialisasi Pengembangan Teknik Pengelolaan Air Limbah di KPP Rahmat 1 Jalan Ir Juanda 2, Kelurahan Wala-Walaya, Kecamatan Tallo, Jumat (19/08/2022)/Ist

UPT PAL Dinas PU Makassar Sosialisasi Teknik Pengelolaan Air Limbah di Wala-Walaya

Jumat, 19 Agustus 2022 | 19:06 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar terus melakukan sosialisasi Pengembangan Teknik Pengelolaan Air Limbah Kota Makassar. Kegiatan tersebut berlangsung di KPP Rahmat 1 Jalan Ir Juanda 2, Kelurahan Wala-Walaya, Kecamatan Tallo, Jumat (19/08/2022).

Narasumber Unit Pelaksana Teknik Pengelolaan Air Limbah Domestik Kota Makassar diwakili Kerlinus Bumbungan, ST selaku Kepala Tata Usaha. Ia menjelaskan bahwa sebanyak 30 orang yang terdiri dari pengurus dan pengguna IPAL komunal dan perwakilan seklur kelurahan Walawalaya kecamatan Tallo.

“Kontribusi sangat penting dalam pemeliharaan dan pengoperasian IPA komunal secara berkelanjutan. Jika terjadi masalah, harus diselesaikan bersama-sama,” jelas Kernelius.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala UPT PAL Dinas PU Makassar, Hamka Darwis juga mengatakan bahwa tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemeliharaan IPAL komunal. Hingga pada permasalahan yang dihadirkan sekaligus solusi terbaik ke depannya.

“Jadi, agar IPAL komunal dapat berjalan dengan baik dan lingkungan kita bersih dari pencemaran air limbah rumah tangga,” tutur Hamka.

Selain itu, UPT PAL melakukan tinjauan ke lapangan ke WTP komunal Jalan Ir Juanda 2. Di sana, mereka melihat kondisi dan permasalahan.

Kepala Dinas PU Makassar, Zuhaelsi Zubir berpesan kepada Kepala UPT PAL agar intensif melakukan pembinaan kepada warga pengguna IPAL komunal. Hal itu demi terciptanya sanitasi lingkungan yang sehat.

Sementara Sekretaris Lurah Walawalaya, Nirwan mengungkapkan kalau pihaknya membutuhkan bantuan. Itu untuk mengatasi kelangkaan dan seringnya meluapnya air selokan saat hujan di lokasi sekitar WTP komunal.

“Jika ada masalah IPAL komunal, mohon bantuannya yang maksimal,” harap Nirwan.(*)


BACA JUGA