JJS Makassar Kampanyekan Budaya Sadar Sampah Melalui Aksi Bersih-bersih

Sabtu, 24 September 2022 | 19:45 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Jajan Jalan Seru (JJS) Makassar menggelar aksi bersih-bersih kota, Jumat (23/09/2022) malam. Kegiatan ini merupakan sebagai bentuk rasa syukur terhadap hari jadi komunitas yang ke 1 dekade.

Aksi ini dikemas dalam kegiatan bertemakan Night Walking Seru. Sebanyak 20 orang anggota JJS Makassar menyusuri jalan Riburane, Jalan Ahmad Yani, Jalan Kajaolalido, Jalan Usman Jafar, Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan WR Supratman, dan kembali ke Jalan Ujung pandang sebagai titik finish.

“Kami fokus mengambil sampah-sampah kecil yang terlewatkan seperti puntung-puntung rokok yang terselip. Juga sampah-sampah yang ada di selokan,” kata Penanggung Jawab Aksi Bersih-bersih, Sandi.

Sebagai komunitas yang fokus melakukan ekplorasi terhadap tempat-tempat wisata, kata Sandi, pihaknya memiliki kebiasan untuk membereskan sampah yang mereka hasilkan. Itu saat sedang melakukan perjalanan wisata.

“Misalnya kalau ke gunung, kami akan membawa semua sampah kami kembali ke kota dan tidak meninggalkan jejak sampah,” lanjut Sandi.

Hal ini juga yang menurutnya yang harus diterapkan di kota. Pihaknya sebisa mungkin seseorang tidak meninggalkan sampahnya dimanapun lokasi yang dikunjungi.

“Ya meskipun di kota sudah ada petugas kebersihan yang akan menyapu atau memungut sampah, tapi bukankah meringankan beban sesama termasuk kebaikan? Selain itu menjaga lingkungan tetap bersih apalagi tempat wisata adalah tugas kita semua,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sandi mengatakan bahwa kegiatan JJS Makassar berjalan dimalam hari sambil memungut sampah juga menjadi bagian dari kampanye memancing kesadaran masyakat. Itu untuk tidak membuang sampah sembarangan,

Sandi juga menjelaskan, kegiatan bersih-bersih kota ini merupakan agenda tahunan di JJS Makassar. Adapun dengan memilih lokasi-lokasi yang strategis untuk berjalan dan mencari sampah di pinggir jalan.

“Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana setelah kami vakum selama 3 tahun karena pandemi Corona, teman-teman komunitas sangat antusias terbukti dengan keikutsertaan member-member lama JJS Makassar dalam aksi Night Walking Seru ini,” ujarnya.

“Dalam kegiatan ini kami memisahkan jenis sampah plastik untuk kami berikan kepada pemulung agar bisa di manfaatkan, dan setelah kegiatan bersih-bersih selesai kami melanjutkan dengan duduk bersama membahas kegiatan-kegiatan kami (JJS Makassar) kedepan,” tutup Sandi.(*)


BACA JUGA