Respon Keluhan Warga, Dinas PU Makassar Pantau Recovery Jalan Terdampak IPAL Losari

Minggu, 02 Oktober 2022 | 23:00 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar melalui Bidang Jalan dan Jembatan terus melakukan pemantauan. Seperti proyek recovery atau perbaikan jalan IPAL Losari.

Pemantauan dan pengawasan dilakukan dalam rangka mengembalikan kondisi dan fungsi jalan. Itu setelah penggalian jaringan pipa IPAL Losari.

Ada sejumlah titik lokasi jalan yang dipantau selama pengerjaan. Diantaranya, di Jalan Lanto Dg Pasewang, Mappanyukki, Mappaodang, Badak, Ratulangi, Rajawali, Haji Bau, Kasuari, Arief Rate dan beberapa ruas lainnya.

Pemantauan tersebut dilakukan sejak dimulainya proyek pada tahun 2019 hingga 2023. Tim Pemantau dan pengawas dikoordinasi oleh Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Kota Makassar, Noorhaq Alamsyah dan 16 orang personil staf pemantau jalan.

Adapun tim melakukan pemantauan tersebut sejalan dengan banyaknya keluhan warga terkait kondisi jalan yang rusak. Akibatnya, menyebabkan beberapa kecelakaan lalu lintas.

Doni–sapaan akrab Noorhaq Alamsyah mengakuberkomitmen dalam melakukan pengawasan. Agar kondisi jalan yang telah digali dapat kembali dalam kondisi semula.

“Saya minta setiap pengawas melaporkan hasil pengawasannya setiap saat,” ujar Doni.

Sementara itu, PPID Dinas PU Kota Makassar Hamka Darwis menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan pengguna jalan. Itu akibat pengerjaan proyek IPAL Losari.

“Dancmelalui kesempatan ini pula kami sampaikan bahwa manfaat proyek IPAL Losari ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, menjaga kualitas air tanah, menciptakan lingkungan yang bersih dan mengurangi pencemaran lingkungan,” tutup Hamka. (*)


BACA JUGA