Dinas PU Makassar Bahas IPAL Losari Bersama Wali Kota, Minta Kontraktor Pulihkan Jalan

Kamis, 20 Oktober 2022 | 22:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menggelar rapat bersama kontraktor proyek IPAL Losari di Ruang Sipakalebbi Balai Kota, Kamis (20/10/2022). Beberapa pihak juga dihadirkan termasuk Dinas PU Makassar.

Dari Dinas PU Makssar, Kepala Dinas, Zuhaelsi Zubir dan Kepala UPT PAL, Hamka Darwis. Sedangkan lainnya, Asia Development Bank Anastasia Caroline, Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman Hamka, dan serta perwakilan pelaksana proyek IPAL Losari.

Dalam pertemuan ini, Danny mengingatkan pelaksana proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari. Di mana segera menjadwalkan pemulihan lokasi yang telah dikerjakan.

“Harus dijadwalkan ulang pengembalian kondisi. Kalau proyek berakhir Februari, yah bisalah segera di Januari,” ungkap Danny Pomanto.

Danny juga menegaskan bahwa Pemkot Makassar sangat mendukung keberadaan proyek ini. Sebab, manfaatnya yang sangat besar bagi warga Makassar.

“Kami sejak awal dukung. Secara pribadi dan secara institusi sangat mendukung proyek ini,” ucap Danny Pomanto.

Hanya saja, dalam prosesnya titik yang dikerjakan dikomplain masyarakat. Mulai dari menyebabkan hambatan lalu lintas, hingga lokasi yang dikerjakan tidak dipulihkan dan terkesan ditelantarkan.

“Namun masyarakat kita ini responsif dan kritis. Komplain yang masuk sangat banyak, saya harap agar yang sudah selesai tahapannya agar kondisi dipulihkan seperti semula. Saya pasti keberatan kalau ditempel, harus mulus seperti sebelum dikerja,” jelas Danny.

“Mohon serius agar segera sempurnakan, jangan kesannya ditelantarkan,” imbuhnya.

Ia menyarankan agar pelaksana proyek untuk menyiapkan saluran komunikasi publik. Tujuannya agar publik tahu sejauh mana progres pengerjaan proyek IPAL berstandar internasional ini.

“Perlu pembenahan di lapangan, dan harus punya juru bicara yang sampaikan ke publik progresnya seperti apa. Dan juga dimonitoring juga keluhan masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, perwakilan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan Ditjen Cipta Karya Ahmad Asiri menyanggupi permintaan Danny Pomanto dan keluhan warga Makassar. Pihaknya pun akan lebih dulu melakukan koordinasi dengan pelaksana lainnya.

“Reschedule kegiatan recovery atau pemulihan akan kami respon dengan baik. Akan segera rapat koordinasi dengan seluruh pelaksana kegiatan,” tutup Ahmad Asiri.(*)


BACA JUGA