Fakultas Kedokteran Unhas Raih Medali Emas dan Perak di IMO 2022

Minggu, 23 Oktober 2022 | 19:36 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

SURABAYA, GOSULSEL.COM – Tim Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas) menorehkan prestasi. Tim meraih medali emas dan perak dalam ajang Indonesia International Medical Olympiad (IMO) 2022, yang digelar di kampus Universitas Ciputra Surabaya, Jawa Timur.

IMO adalah olimpiade mahasiswa kedokteran se-Indonesia yang tahun ini diikuti oleh seluruh Fakultas kedokteran se-Indonesia. Adapun dengan memperlombakan enam cabang, yaitu cardiorespiratory, genitourinary, neurophsyciatry, digestive, tropical infection, dan musculosceletal.

IMO tahun ini mengambil tema “Upgrading The Future of Medicine with Digitalization 5.0. Dan tidak kurang dari 92 FK seluruh Indonesia.

Tim FK Unhas yakni Ahmad Abizart dan Rivaldo Go berhasil meraih medali emas di bidang Genitourinary. Sedangkan lainnya, Aria Adiputra Yusuf dan Karen Kurnia meraih medali perak di bidang Cardiorespiratory.

Menurut Rivaldo, IMO dimulai dari babak penyisihan (multiple choice question dan objective structural practical examination). Itu untuk menyeleksi sepuluh tim terbaik dari setiap bidang untuk mengikuti semifinal.

“Dari babak semifinal (multiple choice question dan objective structural clinical examination) akan dipilih 5 tim terbaik menuju babak final, lalu di babak final (student oral case analysis dan lomba cepat tepat) akan dipilih tiga tim sebagai juara 1-3,” ujar Rivaldo.

Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof Haerani Rasyid juga turun langsung membimbing mahasiswa. Ia menyampaikan apresiasinya atas pencapaian mahasiswa tersebut.

“Kami mewakili sivitas akademika FK Unhas menyampaikan selamat dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan tentunya juga menjadi penyemangat untuk mahasiswa lainnya untuk terus menorehkan prestasi baik nasional maupun internasional,” pungkas Prof Haerani. (*)


BACA JUGA