Gandeng 3 Kampus Ternama di Malaysia, WR IV UNM: Gelorakan Semangat Negara Satu Rumpun

Rabu, 02 November 2022 | 16:06 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali melebarkan sayapnya. Kali ini, melalui penjajakan yang dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama (WR IV), Muhammad Ichsan Ali berhasil menyatukan pandangan progresif untuk kemajuan institusi dengan mengadakan kerjasama dengan kampus-kampus ternama di Malaysia.

Tak tanggung-tanggung, WR IV bersama tim terbang langsung ke negeri Jiran dengan menjalin kerjasama dengan perguruan ternama sekaligus. Ialah University Islamic International Malaysia (UIIM), Institut Terjemahan Bahasa Malaysia (ITBM), dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

pt-vale-indonesia

Prosesi penandatanganan kerjasama tersebut berlangsung di Hall kampus ITBM, Kuala lumpur pada 1-2 November 2022. Selain kerjasama Tridharma, menurut penuturan Dr Ichsan bahwa UNM juga kerjasama di bidang penerjemahan dan publikasi.

“Penjajakan dalam bentuk kerjasama ini tentu semua demi kemajuan kampus. Tentu kita berharap ke depannya akan ditindaklanjuti dengan pertukaran mahasiswa dan juga program internship,” terang Dosen Teknik Sipil ini.

Dr Ichsan menambahkan kerjasama dengan sejumlah kampus di Malaysia bukan pertama kalinya. Kerjasama sudah terjalan sejak lama baik dalam rangka kapasitas dosen maupun penelitian bersama.

“Kita senantiasa menggelorakan semangat negara satu rumpung, terlebih tantangan kedepan kita memasuki world class university,” katanya, Selasa (02/11/2022).

Tak sampai di situ, bagi Dr Ichsan, kerjasama ini merupakan implementasi program Merdeka Belajar kampus merdeka (MBKM) yang menjadi kebijakan Kemendikbudristek.

“Tahun kemarin kan, ada beberapa mahasiswa kita juga kuliah paruh waktu di UTM dan kampus lainnya. Nah, itu yang selalu kita tindakan demi perbaikan reputasi kampus,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA