Sering Kebanjiran, Astra Group-Kodam VII Hasanuddin Benahi Rumah Warga Tak Mampu di Kapasa

Rabu, 30 November 2022 | 17:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Astra Group bersama Kodam VII Hasanuddin bergerak melakukan bedah rumah terhadap salah satu warga bernama Rahmatiah di Kelurahan Kapasa Raya, Makassar. Kondisi rumah ini dinilai sudah tidak layak huni hingga sering terkena banjir.

Bedah rumah itu dilakukan Astra Group melalui Tanggap Darurat Astra (TDA). Koordinator Astra Group Sulsel, Suhardi pun turut melihat progres pembenahannya.

Suhardi menilai rumah milik Rahmatiah itu sudah memang tidak layak dihuni. Tinggal bersama putrinya, huniannya kerap kali dilanda banjir lantaran lantai rumah yang jauh lebih rendah dibanding rumah tetangga.

“Rumahnya ada sekitar 1,5 meter di bawah rumah lain di sekitarnya. Kalau kita berdiri, atap rumah itu sejajar dengan dada kita,” ujar Suhardi.

Ketua APINDO Sulsel ini memutuskan untuk melakukan pembenahan secara menyeluruh. Hal itu untuk memastikan rumah Rahmatiah nantinya tidak lagi terdampak banjir.

“Boleh dibilang sudah bulan bedah rumah lagi. Karena memang harus kita bangun dari bawah. Lahannya kita timbun dulu supaya tidak banjir lagi. Memang kita juga tetap mempertahankan sebagian dinding bata,” tambahnya.

Berawal dari penyaluran bantuan kebutuhan pokok oleh Koramil Tamalanrea bersama Astra Grup. Saat meninjau, pihaknya melihat rumah Rahmatiah yang kondisinya begitu mengkhawatirkan.

Melalui TDA dari Astra Group, Suhardi pun melakukan gerak cepat untuk meringankan beban keluarga Rahmatiah. Hal semacam ini pun sebelumnya memang terus dilakukan.

“Kami di Astra memang sudah sering melakukan kegiatan sosial semacam ini, cuma memang untuk dalam bentuk sebuah organisasi TDA ini masih baru. Rencananya akan kita launching pada desember nanti,” tukasnya.(*)


BACA JUGA