Dosen Unibos Latih Masyarakat Cara Buat Kerupuk Rumput Laut

Senin, 02 Januari 2023 | 09:27 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

JENEPONTO, GOSULSEL.COM – Dosen Universitas Bosowa (Unibos) kembali melakukan pengabdian masyarakat. Kali ini ditujukan untuk kelompok usaha pengrajin di Desa Bulo-Bulo, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto, Rabu (28/12/2022).

Kegiatan pelatihan pembuatan kerupuk rumput laut ini dihadiri anggota kelompok usaha berjumlah 15 orang dan juga dihadiri Kepala Desa Bulo-Bulo bapak Andi Asrir Indrajaya, SH bersama ketua kelompok penggerak PKK, Andi Sumiati.

pt-vale-indonesia

Tim Unibos yang terlibat yaitu Dr. Haeruddin Saleh, Fatmati, dan Darmawati Manda. Juga mahasiswa sebanyak lima orang.

Haeruddin Saleh menuturkan tujuan kegiatan ini dilaksanakan. “Kami berupaya untuk dapat membantu meningkatan usaha ekonomi masyarakat berdasarkan potensi yang ada berupa rumput laut menjadi berbagai macam produk pangan yang mempunyai nilai ekonomi. Sehingga dosen Unibos memberi bantuan peralatan, tenaga pendampingan produksi pembuatan kerupuk rumput laut dan tenaga pendampingan dalam hal pemasaran produk,” ungkap Dosen Unibos.

“Kami berharap kedepan kegiatan pengabdian dosen ini para usaha kecil menengah dapat terbantu dalam peningkatan ekonomi dan mahasiswa juga paham terkait dunia usaha kecil”, tambahnya.

Andi Asrir selaku Kepala Desa Bulo-Bulo juga menuturkan harapan bagi Unibos. “Harapan masyarakat dan pemerintah daerah kedepan agar lebih ditingkatkan kegiatan pengabdian di daerah khusunya di Desa Bulo-Bulo mengingat daerah tersebut mempunyai potensi yang sangat besar bukan saja hasil rumput lautnya,” ucapnya.

“Tetapi potensi lainnya seperti tanaman buah sukun, tanaman pohon kelor, tanaman buah nangka dan tanaman lainnya yang belum dikelolah oleh masyarakat karena keterbatasn sumber daya manusia dari segi keterampilan dan juga membutuhkan peralatan yang dapat mengola potensi tersebut untuk meningkatkan kesejaahteraan masyarakatnya,” tutupnya. (*)


BACA JUGA