Jalan Haji Bau Makassar/Ist

Dinas PU Makassar Sasar Tiga Perempatan Jalan Bangun Smart Panyingkulu

Senin, 23 Januari 2023 | 14:52 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar berencana memulai pembangunan smart panyingkulu. Ada tiga perempatan jalan yang disasar, yaitu Jalan Haji Bau-Cenrawasih, Hasanuddin-Mukhtar Lutfi, dan Hasanuddin-MH Thamrin.

Sekadar diketahui, smart panyingkulu merupakan program revitalisasi trotoar Makassar, pembangunannya akan memberikan keramahan bagi pejalan kaki Makassar. Pemkot mengucurkan Rp14 milliar untuk mendorong program itu tahun 2023.

pt-vale-indonesia

“Ini nanti akan memperbaiki jalur-jalur tikungan di setiap jalan itu,” imbuh Sekretaris Dinas PU Makassar, Denny Hidayat, Minggu (22/01/2023).

Lebih jauh, Denny mengatakan bahwa nantinya akan ada pembenahan pada markah-markah di sepanjang jalur itu. Adapula pembangunan untuk informasi gedung-gedung.

“Akan diberikan pula ruang media dan advertising seperti smart Tron,” jelasnya.

Bahkan akan ada informasi untuk program Wali Kota Makassar Makaverse di sepanjang jalur itu.

Penahan ini juga mengedepankan hak-hak dari para pejalan kaki di Makassar. Diklaim ini juga akan membenahi lalu lintas sebab tak ada lagi PKL yang berdagang di sepanjang jalur itu..

“Nanti lebarnya akan kita bangun itu 240 cm,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan proyek ini telah menjadi salah satu proyek strategis pihaknya. Dan masuk dalam proyek tender dini 2022 lalu

Sayangnya program ini belum tayang hingga 2023. Namun, pihaknya memastikan akan menjadi prioritas tahun ini.

“Akan dibangun, itu konsep merapikan perempatan,” jelasnya.

Danny mengatakan proyek ini juga sekaligus akan membenahi Pedagang Kaki Lima (PKL) di titik-titik yang akan dibangun ini. Selanjutnya setiap persimpangan akan dibenahi agar lebih menarik, papan iklan akan ditata sedemikian rupa agar lebih rapi.

“Jadi tidak boleh lagi ada (lapak) PKL apa gunanya kita buat anak jalan, semua harus melaksanakan ini ditata,” tukas Danny. (*)


BACA JUGA