Muh. Ramli Siddik, Sos, Dg Rewa, Anggota DPRD Kabupaten Gowa dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP)/

Muh. Ramli Siddik, S.Sos Dg Rewa: Menjadi Anggota Dewan Harus Mengurangi Beban Rakyat

Selasa, 27 Juni 2023 | 19:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebagai wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, Muh. Ramli Siddik, S.Sos Dg Rewa punya satu tujuan yakni mengurangi beban masyarakat serta berupaya memperjuangkan kesejahteraan rakyat.

Jalan menuju wakil rakyat ditempuh oleh Muh. Ramli Siddik, S.Sos Dg Rewa dengan maju sebagai caleg pada tahun 2009 lewat partai PDIP Dapil 2 Pallangga-Barombong. Dia bertarung sebagai kader PDIP 2 periode.

pt-vale-indonesia

Pria kelahiran Kabupaten Gowa 15 Juli 1970 itu kemudian pindah partai ke PPP dan maju di Pileg 2019 di dapil Pallangga-Barombong. Di PPP, dia bertarung 3 periode. Dan akan maju lagi periode ke 4 pada Pemilu 2024 mendatang.

Lewat Partai PPP, lulusan sarjana Ilmu Sosial dan Politik Unismuh Makassar itu kembali terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Gowa selama 3 periode.

Untuk lebih mengenal, dan memahami serta tujuan Ramli Siddik Sos Dg Rewa sebagai Anggota DPRD Kabupaten Gowa, penulis berkesempatan melakukan wawancara khusus, Selasa (27/06/2023).

Berikut hasil wawancara khusus seputar perjalanan politik, pemikiran, dan tujuan Ramli Siddik, S.Sos Dg Rewa sebagai Anggota DPRD Kabupaten Gowa.

*Apakah anda memiliki pengalaman politik sebelumnya?

——-Di kampus dulu saya sudah bergelut dengan dunia politik atau dasar-dasar sudah ada dengan aktif di BEM. Saya juga aktif melakukan praktek politik dalam lembaga kemahasiswaan.

Saya juga ikut organisasi Permadi. Terus pernah ikut organisasi masyarakat Kosgoro. Disitu saya mulai mengenal lebih dalam terkait politik dengan mengikuti pendidikan politik tingkat Sulsel.

*Bagaimana motivasi atau alasan Anda menjadi anggota DPRD Gowa?

——-Jadi motivasi saya jadi anggota DPRD itu karena daerah kami dulu dianggap tertinggal, mulai tingkat pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, agak rawan. Sehingga saya mulai terpanggil mengambil ruang untuk bisa berbuat lebih banyak kepada masyarakat Pallangga dan Barombong.

*Apa tujuan utama yang ingin Anda capai selama masa jabatan di DPRD Gowa?

——-Tujuan utama saya itu yang ingin dicapai yaitu bagaimana masyarakat bisa menjadi sejahtera dalam kehidupannya dan kebutuhan bisa terpenuhi.

*Apa komitmen Anda terhadap pelayanan publik dan konstituen Anda?

——-Komitmen pelayanan publik. Tugas kami sebagai anggota dewan sudah jelas sebagai perwakilan rakyat. Fungsi pengawasan, anggaran. Saya sebagai anggota dewan tentu saja bekerja mengurangi beban masyarakat. Kalau masyarakat butuh bantuan, saya harus lakukan itu. Tanpa diminta itu saya lakukan dan saya tidak pernah janji, tapi langsung memberikan bukti konkret.

*Apa peran yang ingin Anda ambil dalam pembuatan kebijakan di DPRD Gowa?

——-Sebenarnya kebijakan di DPRD sudah ada fungsi masing-masing. Misalnya ada fungsi pengawasan anggaran. Tanggung jawab DPRD itu mengawasi.

Kemudian mengawasi Perda yang sudah berjalan. Diminta atau tidak, sesuai tanggung moral DPRD itu harus melihat sejauh mana kebijakan itu berjalan.

Saya sendiri sudah berperan dalam pembuatan Perda itu. Saya sudah sering menjadi ketua Pansus. Fraksi juga menugaskan maju di badan anggaran. Disitulah kami mengambil peran dalam membicarakan soal anggaran.

*Apa langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk mewakili aspirasi dan kepentingan masyarakat yang Anda wakili?

——-Kalau langkah yang saya ambil itu saya langsung apa yang urgen di masyarakat, lewat reses maupun di luar reses. Saya juga tetap keliling di dapil untuk mendengar keluhan masyarakat. Begitu dengar dan ada rapat, saya disitu berperan menyampaikan kepentingan masyarakat dan keluhannya.

*Bagaimana pandangan Anda terkait isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan lingkungan yang sedang relevan?

——-Kalau berbicara ekonomi secara nasional dengan hutang negara yang banyak harusnya pemerintah pusat memikirkan hal itu. Kita kaya tapi tidak dikelola dengan baik. Kita harus menggunakan potensi yang ada agar terbebas dari hutang.

Lalu soal isu politik yang sementara relevan itu soal Pemilu. Tentu saja sebagai anggota DPRD Gowa dan sebagai kader partai politik menghimbau masyarakat agar lebih dewasa memilih wakilnya. Jangan mau dibeli hak suaranya. Jangan mau disogok. Agar tidak melahirkan pemimpin yang tidak berkualitas.

Masyarakat harus sadar dan dewasa serta paham soal kondisi wakilnya dan tidak terpengaruh dengan uang. Kita harap DPRD ini berkualitas agar berimbang antara legislatif dan yudikatif.

*Apa rencana Anda dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan?

——-Rencana saya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan itu paling tidak kita melakukan assessment soal kebijakan. Ada studi kelayakan kepada masyarakat luas. Studi publik dan kelayakan. Saya lakukan itu, kadang di warung kopi bicara dengan masyarakat soal kebijakan yang akan diambil melalui Perda.

*Bagaimana cara Anda berkomunikasi dan berinteraksi dengan konstituen dan
pemangku kepentingan lainnya?

——-Saya berkomunikasi dengan bahasa hati. Saya orang nya itu bergaul. Segala jenis tingkah manusia apa itu petani, nelayan, pegawai, pejabat dan lain sebagainya saya biasa-biasa saja dan bisa bergaul dengan siapa saja.

*Apa strategi Anda untuk membangun kemitraan dan kerja sama dengan anggota DPRD Gowa dari partai politik lain?

——-Untuk strategi membangun kemitraan Itu pergaulan harus saling mengerti satu sama lain. Sudah tidak ada lagi sekat dengan partai lain. Kita fokus pada kepentingan masyarakat.

*Bagaimana Anda menangani perbedaan pendapat atau konflik di antara anggota DPRD Gowa?

——-Cara saya menangani perbedaan pendapat itu, kita kembali pada UU dan regulasi yang ada. Ada banyak perbedaan pendapat tapi pada akhirnya kita paham soal kepentingan bersama untuk masyarakat.

*Apa langkah konkret yang akan Anda ambil untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan integritas dalam kerja di DPRD Gowa?

——-Langkah kongkret di DPRD yaitu kembali kepada aturan. Jangan main-main dengan aturan. Setiap persoalan kebijakan di DPRD harus kembali ke aturan.

*Bagaimana Anda berencana untuk memanfaatkan teknologi dan media sosial dalam meningkatkan komunikasi dan partisipasi publik?

——-Untuk pemanfaatan media sosial itu saya sudah saya lakukan dengan di upload melalui media sosial DPRD Gowa.

*Apakah Anda memiliki program atau proyek khusus yang ingin Anda lakukan selama masa jabatan di DPRD Gowa?

——-Program khusus saya bagaimana masyarakat bisa sejahtera. Program saya adalah bisa mensejahterakan rakyat dan mampu segala-galanya. Bisa menikmati pendidikan, infrastruktur dan lain sebagainya.

*Apa pesan atau harapan terakhir yang ingin Anda sampaikan kepada konstituen Anda?

——-Pesan saya, pilihlah caleg terbaik dan bisa mewakili masyarakat serta peduli.
Kemudian bisa menyampaikan kepentingan di tingkat kabupaten bukan hanya saat jadi caleg tapi yang betul-betul bisa mewakili masyarakat.(*)


BACA JUGA