Kepala UPTD PAL Dinas PU Makassar Jadi Narasumber Bahas Pengelolaan Air Limbah Domestik

Rabu, 16 Agustus 2023 | 18:24 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Losari tidak lama lagi beroperasi. Rencananya, IPAL Losari akan diresmikan pada November 2023 oleh Presiden Indonesia, Ir Joko Widodo.

Sebagai pengelola, PDAM Makassar terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

pt-vale-indonesia

Terbaru, PDAM mensosialisasikan sistem pengelolaan air limbah domestik dan dampaknya terhadap kesehatan.

Digelar Ruang Rapat Sipakainge Kantor Kecamatan Mariso pada 15 Agustus 2023, sosialisasi ini dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat.

Seperti Lurah, Ketua TP PKK, para kader, pengurus BKMT, LPM, dan perwakilan warga dari seluruh Kecamatan Mariso.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber. Di antaranya, Kepala UPTD PAL Dinas PU Makassar, Hamka Darwis dan dr. Udin Saputra Malik, yang membahas materi tentang Dampak Air Limbah yang tidak dikelola dengan baik.

Pada kesempatan itu, Kepala UPTD PAL Dinas PU Hamka Darwis membahas terkait sistem pengelolaan air limbah domestik.

Hamka menjelaskan air limbah domestik adalah air limbah dari kegiatan rumah tangga.

Meliputi mandi, cuci, kakus yang berasal dari permukiman atau sumber lain seperti rumah makan, perkantoran, perniagaan, hotel, apartemen, asrama, rumah sakit, dan industri.

Oleh karena itu, kata Hamka, diperlukan sosialisasi untuk memahami cara pengelolaannya serta dampak yang mungkin ditimbulkan.

“Kami berharap peserta dapat berbagi informasi yang diperoleh dari acara ini kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal masing-masing,” kata Hamka Darwis.

Direktur Umum dan Pelayanan PDAM, Indira Mulyasari menggarisbawahi pentingnya pemahaman masyarakat tentang sanitasi. Katanya, sosialisasi ini sangat penting agar masyarakat dapat lebih peduli terhadap sanitasi.

“Kami berharap para kader, RT/RW, dapat menjadi agen informasi mengenai pengelolaan dan dampak air limbah. Sehingga kesadaran terhadap lingkungan semakin meningkat,” tutur Indira.

Seiring dengan pendekatan peluncuran IPAL Losari, PDAM terus berupaya menyebarkan informasi dan pemahaman kepada masyarakat yang akan menjadi pelanggan IPAL Losari di masa mendatang.

Camat Mariso Juliaman menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap kerjasama dalam acara sosialisasi ini.

Ia berharap peserta yang hadir dapat membagikan pengetahuan yang diperoleh agar informasi tentang pengelolaan air limbah dan dampaknya dapat lebih luas tersebar di kalangan masyarakat.(*)


BACA JUGA