Peralihan Status Balitbangda ke BRIDA Jadi Kado HUT-416 Makassar

Sabtu, 16 September 2023 | 20:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah setempat bakal memiliki Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Makassar.

Diketahui, merupakan peralihan status dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda). Peresmian dijadwalkan pada 9 November 2023, bertepatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-416 Tahun Makassar.

pt-vale-indonesia

Kepala Balitbangda, Andi Bukti Djufri mengatakan, regulasi mengenai BRIDA ini didorong dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda). Tahapan sejauh ini tersisa pengesahan dan menunggu kesiapan DPRD untuk sidang paripurna.

“Rencana perubahan ini mendapat atensi Pemprov Sulsel. Jadi telah dibahas DPRD dan sisa diparipurnakan,” ujarnya saat ditemui, Jumat (15/09/2023).

Dia menambahkan telah berkonsultasi dengan Kemenkumham dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Perubahan bakal dijadikan kado HUT Kota.

Bukti menjelaskan usai berubah status, akan ada penekanan dalam melakukan riset serta inovasi daerah. Selain itu, ada nama struktur jabatan sesuai dengan yang ada di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Akan ada perubahan struktur jabatan nantinya,” jelasnya.

Pembentukan BRIDA ini kata dia juga akan membuka jalan untuk anggaran APBN masuk ke daerah. Apalagi anggarannya disebut sangat tinggi.

“Insya Allah dari Pusat akan mengucurkan anggaran ke BRIDA. Seandainya sudah terbentuk maka sudah banyak kucuran dana dari pusat. Dan nanti, fokusnya pada penelitian, sarana dan prasarana dengan menggandeng akademisi dan kampus,” tutupnya.(*)


BACA JUGA