DPR Apresiasi OJK Sulampua Naikkan Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Sulsel

Minggu, 29 Oktober 2023 | 19:55 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara mengapresiasi upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam terus memberikan edukasi terkait literasi dan inklusi keuangan.

Khusunya OJK Regional VI Sulawesi, Maluku, dan Papua, ia menyebut keberhasilan itu tidak lepas dari kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

pt-vale-indonesia

“Saya mengapresiasi juga atas kerjasama yang terus dibangun dengan pemerintah daerah melalui tim percepatan akses keuangan,” ujar saat gelaran FinExpo di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (28/10/2023).

Ia melaporkan 50 persen dari masyarakat Sulsel sudah mengakses produk dari jasa keuangan. Itu karena edukasi yang dilakukan secara menyeluruh hingga ke pedesaan.

“Tapi mereka belum paham apa yang dilakukan. Ini menjadi persoalan dan tanggung jawab kita bersama,” tambah legislator dari Fraksi PPP ini.

Sementara itu, Kepala OJK Sulampua, Darwisman mengatakan FinExpo merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat terkait inklusi keuangan. Sehingga indeks terus meningkat.

“Memperluas jangkauan edukasi dan inklusi keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat hingga ke tingkat perdesaan,” ujarnya.

FinEXpo, kata Darwisman, memberikan pemahaman kepada masyarakat perihal produk atau layanan jasa keuangan. Sebab dalam kegiatan ini, ada banyak jasa keuangan yang bisa dijumpai seperti perbankan.

“Dan mendorong pembukaan rekening serta penggunaan produk atau layanan jasa keuangan,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini, masyarakat juga berkesempatan untuk mengajukan kredit usaha rakyat (KUR). Setiap jasa keuangan punya produk tersebut. (*)


BACA JUGA