Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni Serahkan 500 Sertifikat Tanah Program PSTL ke Warga Gowa

Selasa, 12 Desember 2023 | 17:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Wakil Menteri (Wamen) ATR/BPN RI, Raja Juli Antoni menyerahkan 500 sertifikat tanah program Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga Kabupaten Gowa.

Penyerahan tersebut berlangsung di Gedung Olahraga Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Selasa (12/12/2023).

pt-vale-indonesia

Hadir pada kegiatan penyerahan Wakil
Bupati Gowa, Abul Rauf Malaganni, Kepala Kantor BPN Sulsel, Tri Wibisono, Kepala BPN Gowa, Makassar dan Maros. Hadir pula unsur forkopimda Kabupaten Gowa.

Raja Juli Antoni disela-sela penyerahan sertifikat tanah mengungkapkan, program PTSL ini mempercepat pensertifikatan tanah milik masyarakat, dimana sampai saat ini setelah diluncurkannya program PTSL dapat mensertifikatkan 6-7 juta setiap tahunnya.

“Hari ini kami dapat menyerahkan 500 sertifikat untuk warga Gowa. Ini merupakan bagian dari program PTSL, dimana Presiden RI berusaha untuk mensertifikasi seluruh bidang tanah di Indonesia yang diharapkan bisa selesai sebelum masa presiden Joko Widodo selesai,” katanya.

Sebagai upaya percepatan, pihaknya mengaku telah membuka layanan prioritas kepada masyarakat yang datang langsung, khususnya di hari Sabtu-Minggu. Sehingga memudahkan bagi masyarakat yang bekerja di hari Senin-Jumat dapat menggunakan layanan tersebut.

“Sekarang kita sudah membuka layanan prioritas kepada masyarakat yang datang langsung ke kantor BPN. Kita memiliki program layanan prioritas di Sabtu-Minggu sampai jam 12 siang. Insya Allah kami akan terus memperbaiki layanan, proses penyelesaian akan kami pantau,” jelasnya.

Sementara Kepala Kantor BPN Sulsel, Tri Wibisono mengatakan pihaknya telah merealisasikan sebanyak 57.101 bidang yang sebagian telah diserahkan sebanyak 35.019 bidang pada 4 Desember 2023 lalu.

Khusus di Gowa, saat ini pihaknya melakukan penyerahan sebanyak 500 sertifikat yang tersebar di 10 desa/kelurahan yaitu Kelurahan Batangkaluku 55 sertifikat, Bonto-bontoa 50 sertifikat, Bontoramba 103 sertifikat, Kalegowa 30 sertifikat, Paccinongan 30 sertifikat, Pandang-pandang 37 sertipikat, Sungguminasa 35 sertifikat, Tamarunang 50 sertifikat, Katangka 10 sertifikat dan Kelurahan Tombolo sebanyak 100 sertifikat.

“Kita juga telah menyelesaikan sertifikasi redistribusi tanah sebanyak 32.671 bidang dan kemudian lintas sektor sebanyak 3.222 bidang dan yang terakhir adalah BUMN 836 bidang,” tambahnya.(*)


BACA JUGA