Mau Beli Smartphone Terbaru? Coba Cek Fitur-fitur ini!

Sabtu, 30 Desember 2023 | 13:19 Wita - Editor: Dilla Bahar -

Saat ini, teknologi yang ada di dalam ponsel sudah semakin maju dan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan, setiap bulan selalu ada saja perusahaan ponsel yang mengeluarkan atau mero;os produk terbarunya. Salah satunya seperti Tecno Spark 20 Pro Plus, ponsel terbaru yang dibuat dengan spesifikasi yang mumpuni ini sudah siap hadir dan menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang mengandalkan aktivitas melalui ponsel.

Munculnya banyak seri baru ini semakin memudahkan pengguna dalam menentukan pilihan. Tentunya, semakin canggih teknologi yang dimilikinya, maka semakin lengkap pula fitur yang ada pada ponsel tersebut. Selain itu, pada beberapa brand hal ini akan mempengaruhi harga jualnya. Akan tetapi, setiap ponsel pasti sudah mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

pt-vale-indonesia

Jika Anda masih bingung patokan spesifikasi ponsel seperti apa yang bisa Anda beli, maka berikut ini adalah beberapa fitur wajib yang ada pada ponsel masa kini, yang pastinya sudah lebih canggih dan modern.

1. Kamera berkualitas
Fitur pertama yang harus ada pada ponsel pintar saat ini adalah kameranya yang berkualitas dan mumpuni. Berada pada zaman digital yang serba canggih ini tentu akan membuat Anda sering sekali menemui konten visual, yang pastinya telah bisa dibuat dengan keren, meskipun hanya menggunakan ponsel saja.

Mengapa demikian? Hal tersebut pastinya karena adanya dukungan kamera berkualitas yang jempolan. Oleh karena itu, sebelum membeli ponsel, bagi Anda yang mementingkan kameranya, maka Anda harus mengetahui spesifikasi atau resolusi dari kameranya.
Terlebih kamera ponsel sangat penting untuk membantu Anda dalam mengabadikan setiap momen berharga, dengan orang tersayang. Juga untuk mengabadikan perjalanan Anda.

2. Jaringan 5G
Tidak hanya kamera saja, jaringan internet yang stabil dan cepat seperti teknologi jaringan 5G juga harus ada pada smartphone zaman now. Nantinya Anda akan membutuhkan akses yang cepat untuk menunjang penggunaan dari ponsel tersebut. Mulai dari untuk berinteraksi, mendapat informasi, sampai aktivitas mobilitas sehari-hari seperti pekerjaan dan belajar. Tanpa adanya dukungan dari jaringan ini, maka aktivitas Anda bisa terhambat.

3. Layar Berkualitas HD
Tak hanya jaringan internet yang stabil dan cepat saja yang digunakan untuk penunjang, smartphone juga perlu dilengkapi dengan layar yang sudah didukung oleh kualitas yang HD. Karena ponsel saat ini tidak hanya digunakan untuk berbalas pesan singkat atau melakukan panggilan sebagai media komunikasi saja.

Namun, hampir seluruh aktivitas harian akan dilakukan dengan ponsel. Mulai dari membeli kebutuhan sehari-hari, melakukan interaksi dengan media sosial, memesan kendaraan, berkirim barang, sampai sebagai sarana hiburan seperti menonton film,mendengarkan musik, dan bermain games.

4. Daya Tahan yang Kuat
Ketika memilih ponsel pintar, daya tahan akan menjadi aspek penting untuk pertimbangan, dan tidak boleh dilupakan. Sebab, interaksi yang berkepanjangan akan membuat ponsel yang Anda gunakan rentan dan cepat mengalami kerusakan. Terlebih, jika memang tidak dibekali dengan ketahanan yang prima.

Sayangnya, saat ini banyak perusahaan ponsel yang hanya mengunggulkan fitur, tanpa memberikan perhatian yang lebih pada ketahanan ponsel yang mereka keluarkan. Sehingga untuk mencari ponsel yang tahan lama bukan hal yang mudah dilakukan. Meskipun begitu, Anda tetap dapat menemukan ponsel canggih terbaik yang mempunyai ketahanan yang baik pula, salah satu contohnya seperti Tecno Spark 20 Pro Plus.

Supaya tidak keliru dalam pemilihan, pastikan Anda mengetahui dengan jelas spesifikasi dari ponsel yang akan dibeli. Jika membelinya secara langsung, maka jangan segan untuk kritis dan bertanya apapun yang ingin Anda tanyakan.Jika membelinya melalui e commerce seperti Blibli, maka selalu periksa deskripsi dari spesifikasi produk, bila perlu chat penjual dan tanyakan hal-hal penting terkait.

5. Memiliki Performa Terbaik
Fitur yang harus ada pada ponsel canggih selanjutnya adalah aspek performa atau kinerja dari ponsel tersebut. Cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat fitur RAM, dan mesin yang digunakan pada produk tersebut. Sebab, ponsel yang berbasis Android dan iOS tentu memiliki spesifikasi RAM yang tidak sama.

Bagi Anda pengguna Android, maka sebisa mungkin Anda memilih ponsel yang jumlah RAM nya minimal 4 GB atau 6 GB. Sebab, RAM yang tinggi akan membuat Anda lebih mudah untuk mengakses berbagai aplikasi, tanpa adanya gangguan. Seperti ponsel yang menjadi lebih cepat panas, daya baterai gampang habis, sampai akses yang bisa tersendat atau lag.

Selain itu, Anda juga harus memastikan pula seberapa besar kapasitas dari baterainya. Sebab semakin besar kapasitas yang dimilikinya, maka akan semakin lama Anda dapat menggunakannya, tanpa perlu melakukan pengisian daya yang berulang kali. Terlebih jika Anda menggunakan ponsel tersebut dengan intens dan non stop. Perlu diketahui pula, bahwa terlalu sering melakukan pengisian daya baterai ponsel akan membuat ponsel menjadi lebih cepat rusak.


BACA JUGA