Pj. Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bachtiar Baharuddin didampingi oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni saat melakukan pemantauan harga pangan di Pasar Minasa Maupa, Kabupaten Gowa, Senin (15/01/2024)

Pantau Harga Pangan di Gowa, Pj Gubernur Sebut Harga Pangan Mulai Turun

Senin, 15 Januari 2024 | 18:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pj. Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bachtiar Baharuddin melakukan pemantauan harga pangan di Kabupaten Gowa tepatnya di Pasar Minasa Maupa, Senin (15/01/2024).

Pada kesempatan itu, Pj. Gubernur didampingi oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni.

pt-vale-indonesia

Usai pemantauan, Bahtiar Baharuddin mengatakan pihaknya terus memperhatikan kestabilan dan ketersediaan bahan pokok di Sulsel.

Salah satu cara yang dilakukan yakni turun langsung ke pasar mengecek harga bahan pokok sekaligus mengunjungi gerakan pangan murah di Kabupaten Gowa.

“Di satu sisi kita memang lakukan untuk stabilitasi harga, namun pada sisi lain kita juga harus memperhatikan produksi masyarakat kita. Misalnya Sulsel, Sulsel ini terkenal penghasil padi. Jadi ketika nanti panen raya terjadi di masyarakat tentu operasi pasar khusus komoditas tertentu kita kurangi jumlahnya,” ujarnya.

Dari hasil turun langsung ke pasar yang dilakukan kata Bahtiar, komoditas cabai yang menjadi penyumbang terbesar inflasi di Sulsel sudah mengalami penurunan harga. Sehingga saat ini sudah berada di angka Rp30-35 ribu saja per kg.

“Cabai hari ini harganya kan sudah turun sampai Rp 30-35 ribu. Nah harganya sudah bagus, kalau terlalu rendah juga masyarakat tidak punya untung. Untuk inflasi Sulsel berada di range antara dua sampai empat. Nah untuk urusan ini Sulsel berada pada kuadran terbaik berada di bawah tiga di atas dua, inilah namanya stabilisasi. Jadi operasi pasar untuk mengecek harga-harga, sedangkan pangan murah cara menstabilkan,” jelasnya.(*)


BACA JUGA