Pasar Murah/Ist

Tekan Inflasi, Pasar Murah Makassar Digelar Hingga 3 Maret

Kamis, 09 Februari 2023 | 16:28 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Perdagangan (Disdag) menggelar pasar murah untuk menekan inflasi. Adapun kontainer Makassar Recover dijadikan sebagai lokasi pasar.

Pasar murah ini telah berlangsung sejak Rabu (08/02/2023) hingga Jumat (03/03/2023). Komoditi yang dijual adalah beras, minyak, dan gula pasir.

pt-vale-indonesia

Kepala Disdag Kota Makassar, Arlien Ariesta mengatakan, pasar murah ini juga dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Ia menjelaskan, pasar murah juga akan diakomodir untuk wilayah Makassar bagaian kepulauan.

“Nanti kita kerja sama dengan dinas perhubungan untuk pengantaran ke kepulauan,” jelasnya.

“Perhari didistribusi ada 3000 paket, masing-masing beras, minyak goreng, dan gula. Per kontainer itu hitungannya 100. Kali 143, ada 3060 lah,” tambah Arlin.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyampaikan bahwa komoditi yang dijual merujuk pada pergerakan harga pasaran “Tidak boleh juga semua komoditi, nanti pasar kita lumpuh. Nda boleh lumpuhkan pasar, kasian juga pedagang. Yang cenderung naik saja,” ungkapnya.

Hari ini, pasar murah dilaksanakan di 50 kontainer Makassar Recover. Selanjutnya, akan diadakan secara keseluruhan sebanyak 143 kontainer.

Langkah ini dinilai Danny Pomanto bisa menekan angka inflasi. Terbukti, tiga komoditi di pasar murah kontainer langsung ludes di serbu masyarakat.

Tak hanya itu, langkah ini bisa memutus rantai para spekulan yang menaikkan harga dengan seenaknya di pasar. “Kita kecil-kecilan dulu. Nanti kita rapat apakah kita butuh gudang besar. Tadi pagi semua komiditi langsung habis di kontainer, kita liat respon pasar sampai mana oknum-oknum mau menaikkan harga. Secara tidak langsung kita berangsur-angsur menstabilkan harga,” paparnya.

Danny menargetkan dengan hadirnya pasar murah ini bisa menurunkan angka inflasi ke angka 3 persen. Di mana saat ini, inflasi kota Makassar berada pada angka 5,99 persen.

“Kita coba liat efeknya bulan Februari ini jadi penentuan. Sukses tidaknya. Tahap selanjutnya semua kontainer adakan pasar murah. Intinya kita melayani masyarakat dengan cepat, tepat dan harganya lebih murah,” harapnya. (*)


BACA JUGA