Prodi Hubungan Internasional Unibos Edukasi Siswa SMA-SMK Soal Diplomat

Minggu, 10 Maret 2024 | 21:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI) Universitas Bosowa (Unibos) mengundang siswa tingkat SMA dan SMK se-Sulawesi Selatan dalam kegiatan A Day as A Diplomat, Sabtu (09/03/2024).

Kegiatan disambut oleh Ketua Prodi HI Unibos, Muh. Asy’ari serta menghadirkan praktisi media dalam guest lecture yang membahas isu Politik Digital di Asia Tenggara yakni Irwan Idris dari IDN Times dan Duta Besar LBBP RI untuk Kazakhstan dan Tajikstan, Fadjroel Rachman dalam public lecture bersama peserta.

pt-vale-indonesia

Adapun kegiatan ini diikuti oleh 10 siswa sebagai peserta yang telah melalui tahap seleksi dalam tiga agenda yakni pemberian guest lecture dan public lecture oleh pemateri. Kemudian dilanjutkan diplomatic lunch and networking session untuk mempelajari cara berjejaring dengan representasi negara lainnya dan agenda ASEAN Forum dimana siswa bertindak sebagai perwakilan negara-negara Asia untuk membahas isu komitmen pelibatan anak muda dalam pelaksanaan politik digital.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi HI Unibos, Muh. Asy’ari menuturkan harapannya atas pelaksanaan agenda kali ini.

“Semoga kegiatan A Day as A Diplomat bisa menjadi awal bagi diseminasi ilmu hubungan internasional dan diplomasi yang saat ini tidak hanya dilakukan oleh negara tetapi juga dapat dilakukan oleh anak muda,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia juga menambahkan bahwa kegiatan A Day as A Diplomat ini dapat menjadi sarana untuk menumbuhkan awareness anak muda dalam mengambil peran termasuk pada politik digital.

“Kami juga berharap kegiatan ini bisa menjadi awal untuk menumbuhkan awareness terhadap isu-isu internasional,” tutupnya.(*)