Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Danny: Reklamasi Makassar Beda dengan Jakarta

Selasa, 12 April 2016 | 17:08 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengungkapkan reklamasi pantai di Makassar sangat berbeda dengan yang ada di Jakarta. Danny mengatakan reklamasi di Makassar berpihak dengan rakyat.

“Reklamasi Jakarta dengan reklamasi Makassar berbeda. Bedanya kalau reklamasi Jakarta mendahulukan membangun kota, bukan mitigasi tapi kalau di Makassar mitigasi duluan. Juga jalur jalannya tidak terlalu privat, hanya untuk pengguna daerah situ tapi kalau kita tidak, semua bagian dari kota,” kata Danny, saat diwawancarai di Hotel Asyirah yang berada di Jalan Maipa Makassar, Selasa (12/4/2016).

“Jadi reklamasi untuk rakyat bukan untuk orang tertentu, yang ketiga nelayan tidak diakomodir, tapi kalau Makassar kita akomodir semua,” tambahnya.

Selain itu, Danny juga menyebutkan bahwa porsi dalam aspek lingkungan pembangunan reklamasi pantai di Makassar lebih besar dibanding Jakarta. “Konsep kota Makassar itu memberikan kontribusi lingkungan yang lebih 50 persen kawasan hijau. Jadi dari 5.000 hektare ada 2500 hektar kawasan hijau,” ujarnya.

“Di Jakarta hanya 15 persen mau dikasi jadi 5 persen, beda konsennya dan di Jakarta sekarang masih dalam proses ditawar-tawar kita di Makassar sudah ketuk palu. Supaya tidak salah paham ada 30 persen kawasan hijau publik yang biasanya kalau di negara kewajibannya hanya 20 persen, privat itu 20 persen sementara diundang-undang itu hanya 10 persen. Jadi masing-masing saya up 10 persen,” jelasnya.

Halaman:

BACA JUGA